detiksport
Follow detikSport
Rabu, 02 Mei 2018 10:50 WIB

Aldila Sutjiadi Cemburu Saat Lihat Lawan Didampingi Pelatih

Femi Diah - detikSport
Aldila Sutjiadi (Grandyos Zafna/detikSport) Aldila Sutjiadi (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Aldila Sutjiadi, 22 tahun, harus berhemat saat menjalani turnamen tenis. Dia pun jarang memiliki pendamping, bahkan pelatih sekalipun.

Tahun ini menjadi tahun pertama Aldila menjalani status sebagai petenis pro. Dia pun dituntut untuk mampu merencanakan turnamen beserta kebutuhannya sendiri. Dari pendaftaran, penerbangan, hotel, dan latihan.

Aldila memiliki pelatih pribadi. Tapi, demi mengirit biaya, itupun sudah menghabiskan dana Rp 500 sampai Rp 750 juta setahun, dia sering mengikuti tur sendirian. Atau mengajak mama untuk mendampinginya.

Baca Juga: Aldila Sutjiadi, Petenis Cantik Andalan Indonesia

"Untuk mengikuti turnamen, aku terbiasa individu, sendirian. Biasanya sama mama atau pelatih. tapi, untuk menghemat biaya sering sendiri," kata Dila dalam wawancara One on One dengan detikSport.

"Untuk penerbangan dan hotel, semua aku yang urus. Kalau mama papa ku, bukannya mau bilang mereka jadul, ya, tapi aku lebih bisa cari-cari sendiri. Untuk visa, kadang dibantu sama orang Pelti," ujar Dila.

Baca Juga: Jalani Tenis Pro, Aldila Sutjiadi Habiskan Dana Rp 500-750 Juta Setahun

"Kalau mau pergi turnamen selalu kepikiran biaya cuma segini, nyari pesawat harus yang paling murah. Teman-temanku Taiwan dibiayai sama asosiasi. Mereka bisa bawa pelatih dari asosiasi. Jadi, mereka traveling untuk ikut turnamen nggak mikir biaya apa-apa," ujar Dila kemudian menghela napas panjang.

Turnamen-turnamen itu digunakan Aldila untuk mendukung penampilannya di Asian Games 2018. Selama ini, Aldila didukung oleh KONI Jawa Timur.

(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed