DetikSport
Senin 11 Juni 2018, 05:03 WIB

Angka-Angka Nadal Usai Juara di Roland Garros

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Angka-Angka Nadal Usai Juara di Roland Garros Rafael Nadal meraih titel ke-11 di Roland Garros. (Foto: Charles Platiau/Reuters)
Paris - Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal baru saja mengangkat trofi juara Prancis Terbuka yang ke-11. Gelar itu memunculkan sederet statistik yang mengesankan.

Nadal memastikan gelar juaranya usai menghempaskan petenis unggulan tujuh asal Austria, Dominic Thiem tiga set langsung. Bertanding di Lapangan Philippe Chartrier, Minggu (10/6/2018), petenis kidal Spanyol itu menang 6-4, 6-3, 6-2, dalam waktu 2 jam 42 menit.

Gelar ini melengkapi kegemilangan Nadal di musim tanah liat 2018 setelah sebelumnya juga meraih gelar ke-11 di Monte Carlo dan Barcelona. Ini adalah gelar Grand Slam ke-17 bagi Nadal, memangkas jarak dengan peraih terbanyak Roger Federer (20).


Berikut statistik Nadal setelah juara di Roland Garros 2018, yang dilansir ESPN.

11: Nadal sekarang adalah pemain pertama di era Terbuka, baik pria maupun wanita, yang memenangi turnamen Grand Slam yang sama sebanyak 11 kali. Bagaimanapun, dia adalah petenis kedua yang menjuarai turnamen mayor 11 kali setelah Margaret Court memenangi empat dari 11 titel Australia Terbuka-nya di awal era Terbuka pada 1968.

1: Nadal adalah pemain pertama di era Terbuka, baik putra maupun putri, untuk memenangi 11 titel di tiga turnamen yang berbeda. Di tahun ini, Nadal juga meraih gelar ke-11 di Monte Carlo dan Barcelona pada April lalu.


4: Nadal kini adalah petenis keempat di era Terbuka yang memenangi tiga atau lebih Grand Slam setelah berusia 30 tahun. Dia telah memenangi tiga gelar sejak berusia 30 tahun. Tiga petenis lainnya adalah Rod Laver, Ken Rosewall, dan Federer, di mana ketiganya memenangi masing-masin empat gelar.

17: Jumlah titel Grand Slam Nadal di nomor tunggal. Dia adalah petenis putra dengan titel Grand Slam terbanyak kedua di era Terbuka, di belakang Federer (20) dan di depan Pete Sampras (14), Novak Djokovic, dan Roy Emerson (12).

7: Jumlah turnamen Grand Slam secara beruntun yang dimenangi oleh petenis putra yang berusia 30 tahun atau lebih, rentetan terpanjang di era Terbuka. Rekor sebelumnya adalah empat beruntun ketika legenda Australia Laver memenangi empat turnamen mayor di 1969 untuk melengkapi Calendar Slam.


86-2: Rekor kemenangan-kekalahan Nadal di Prancis Terbuka. Dua kekalahan itu datang dari petenis Swedia Robin Soderling di babak keempat 2009 dan melawan Djokovic di perempatfinal 2015. Nadal mundur sebelum pertandingan babak ketiga di 2016. Dari 86 kemenangan itu, 78 di antaranya datang ketika Nadal memenangi set pertama.

57: Jumlah titel juara yang dimenangi Nadal di permukaan tanah liat, memperpanjang rekornya di tenis putra era Terbuka di depan Guillermo Vilas (49) dan Thomas Muster asal Austria (40).

79: Jumlah titel di sepanjang karier Nadal saat ini. Dia menjadi petenis keempat dengan titel terbanyak dalam sejarah di belakang Jimmy Connors (109), Federer (97), dan Ivan Lendl (94), dan di depan John McEnroe (77), yang mana jumlahnya dilampaui Nadal usai juara di Barcelona dan Roma tahun ini.

24: Jumlah final Grand Slam Nadal, terbanyak kedua di era Terbuka di belakang Federer (30) dan di depan Djokovic (21), dan Lendl (19).

11-0: Rekor menang-kalah Nadal di final Roland Garros, yang menjadi rekor terbaik di sebuah final Grand Slam di dalam tenis putra di era Terbuka. Nadal di depan Sampras (7-0, Wimbledon), Djokovic (6-0, Australia Terbuka), dan Borg (6-0, Prancis Terbuka). Sedangkan rekor Federer di final Wimbledon adalah 8-3.

50: Jumlah set beruntun yang dimenangi Nadal di permukaan tanah liat, mematahkan rekor sebelumnya untuk set set terpanjang yang dimenangi McEnroe (49 di karpet pada 1984). Rentetan kemenangan Nadal dimulai di Roland Garros tahun lalu, dan diakhiri oleh Thiem di Madrid Terbuka.


400: Kemenangan Nadal di semifinal Barcelona Terbuka atas David Goffin adalah kemenangan ke-400 dia di permukaan tanah liat di dalam tur. Dia menjadi petenis keempat di era Terbuka yang memenangi 400 pertandingan di tanah liat setelah Vilas (659), Manuel Orantes (502), dan Muster (442). Nadal juga menjadi petenis pertama di era Terbuka yang memenangi setidaknya 400 pertandingan baik di tanah liat maupun lapangan keras. Setelah Roland Garros, rekor menang-kalah Nadal di tanah liat menjadi 415-36.

32: Jumlah titel Masters 1000 yang dimenangi Nadal, yang terbanyak di antara pemain tunggal sejak seri dimulai pada 1990. Titel ke-11 Nadal di Monte Carlo dan delapan di Roma adalah titel Masters dia nomor 31 dan 32, melebihi Djokovic (30).



(rin/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed