detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 11 Jan 2019 09:25 WIB

Andy Murray Pensiun Usai Australia Terbuka?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Andy Murray pensiun usai Australia Terbuka 2018? (Scott Barbour/Getty Images) Andy Murray pensiun usai Australia Terbuka 2018? (Scott Barbour/Getty Images)
Melbourne - Australia Terbuka 2019 kemungkinan besar jadi turnamen grand slam terakhir Andy Murray. Murray berniat gantung raket setelah itu.

Keputusan itu tak lepas dari cedera yang membebat Murray dalam dua tahun terakhir. Murray mengalami masalah di pinggul yang membuatnya harus menjalani operasi dan hanya bermain 12 kali sepanjang 2018.

Padahal di awal 2017, Murray adalah petenis nomor satu dunia namun problem pinggul yang muncul kala itu jadi awal mula performanya menurun dan membuatnya sempat terlempar keluar dari ranking 800 besar dunia.

Memasuki tahun 2019, Murray yang kini berperingkat 230 dunia rupanya belum sepenuhnya lepas dari cedera pinggul. Hal ini membuat Murray akhirnya memutuskan pensiun lebih cepat.




Australia Terbuka yang sudah dimulai 7 Januari lalu bakal jadi ajang terakhir dalam karier profesional Murray. Petenis 31 tahun itu akan menghadapi Roberto Bautista di babak pertama.

"Saya tidak merasa enak. Saya sudah lama bergelut dengan cedera ini.. Saya tidak yakin apakah bisa bermain dengan rasa sakit ini untuk empat-lima bulan ke depan," ujar Murray dengan emosional mengumumkan rencana pensiunnya.

"Saya sudah melakukan segalanya yang saya bisa agar pinggul ini lebih baik, tapi itu tidak membantu sama sekali... Saya rasa Australia Terbuka bakal jadi turnamen terakhir saya," sambungnya seperti dikutip Yahoosports.

Murray adalah petenis Inggris Raya terbaik di era terbuka setelah Fred Perry. Debut profesional pada tahun 2005, Murray punya tiga gelar grand slam, yakni dua Wimbledon (2013 dan 2016) serta AS Terbuka (2012).




Memiliki rekor menang-kalah, 663-190, Murray sebenarnya masih ingin tampil di Wimbledon terakhirnya musim panas nanti. Meski hal itu masih menunggu perkembangan kondisi fisiknya.

"Saya bisa bermain sampai batas saya. Tapi, batasan itu serta rasa sakit ini justru membuat saya tidak nyaman saat bermain atau berlatih."

"Saya sebenarnya ingin pensiun saat Wimbledon, tapi saya tidak yakin bisa melakukannya," demikian Murray.


(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed