detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 25 Jan 2019 12:43 WIB

Tontowi Harus Cepat-Cepat Move On dari Liliyana Jika Ingin Cemerlang Lagi

Mercy Raya - detikSport
Tontowi Ahmad diminta segera move on dari Liliyana Natsir. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Dalam hitungan hari, Liliyana Natsir, akan resmi gantung raket. Tontowi Ahmad, pasangannya, diminta cepat-cepat move on jika tak ingin tergerus dengan yang muda.

Liliyana sempat menunda pensiun untuk dua tahun. Kini, dia mantap meninggalkan bulutangkis dan akan dilepas secara resmi pada Minggu (27/1).

Setelah pensiun, pemilik medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, ini akan memfokuskan diri pada dunia usaha yang dirintis, massage dan properti.

Sementara, Tontowi tetap melanjutkan berkarier di bulutangkis. Agar tetap menjadi pemain papan atas dunia, Tontowi diminta bekerja ekstra keras bersama pemain lain.


"Pesan saya kepada Tontowi harus segera mungkin move on dari Butet (Liliyana Natsir). Jadi, memang enggak gampang. Sekarang, dia harus kerja keras memang," kata Asisten Pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Nova Widianto, ketika ditemui di Istora, Senayan.

"Saya rasa dia (Tontowi Ahmad) masih mau. Saat berbicara dengan saya, dia bilang masih mau, cuma terkadang itu tak mudah. Karena kalau hasilnya masih bagus bisa tapi kalau hasilnya jelek? Itu yang masih goyang. Itu terkadang di sana (masalahnya). Kalau masih awal masih tinggi (kemauan), atletnya juga masih maksa," dia menambahkan.

"Dia harus lepas dari bayang-bayang Liliyana karena sebenarnya dia bisa. Asal dia mau atau tidaknya," Nova menegaskan.

Selepas Indonesia Masters, Tontowi direncanakan akan berpasangan dengan atlet muda Winny Oktavina Kandow di nomor ganda campuran. Mereka akan diujicobakan dalam turnamen-turnamen Eropa.

"Tontowi akan dicoba, mungkin, lima pertandingan. Setelah Eropa mungkin di Asia. Kami lihat di sana karena namanya coba belum bisa dipastikan. Pastinya setelah perhitungan olimpiade, Mei, kalau merasa tak cocok kami tak paksa. Tapi kalau latihan sih ada kans," Nova menjelaskan.

"Tapi terkadang latihan bagus tapi saat tanding beda. Apalagi mental juniornya belum teruji. Jadi di Eropa 3 pertandingan, Asia itu ada India, Malaysia juga," ujar dia kemudian.


Tontowi dan Liliyana manggung terakhir di Indonesia Masters 2019. Mereka akan bertanding di babak perempatfinal setelah mengalahkan kompatariot, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Di babak delapan besar, Owi/Butet menghadapi

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com