detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 09 Mar 2019 10:24 WIB

Fisik Rudy Hartono Digembleng dengan Lari 10 Km Tiap Hari Sejak Umur 8 Tahun

Femi Diah - detikSport
Rudy Hartono digembleng latihan fisik berat sejak usia 8 tahun. (Ari Saputra/detikSport) Rudy Hartono digembleng latihan fisik berat sejak usia 8 tahun. (Ari Saputra/detikSport)
Jakarta - Rudy Hartono mencatatkan diri sebagai juara All England untuk kali pertama pada usia 18 tahun. Fisiknya prima terasah sejak kecil dari kewajiban lari 10 km tiap hari.

Rudy diarahkan oleh orang orang tuanya untuk menekuni bulutangkis. Sang ayah, Zulkarnain Kurniawan berharap besar, Rudy bisa mengharumkan nama Indonesia dari olahraga itu.

Ayahnya, terpikat sukses Tan Joe Hok, orang Indonesia yang menjadi juara All England 1959. Zulkarnain bukan atlet. Ayah Rudy itu hobi bulutangkis.

Sejak Tan Joe Hok juara, Zulkarnain pun menyimpan keinginan agar satu dari delapan anaknya ada yang juara All England. Anak ketiga, Rudy, yang diarahkan menjadi pebulutangkis.


Harapannya terkabul. Rudy menjadi juara All England pada 1968 saat masih berusia 18 tahun.

"Bekal fisik itu memang sudah diatur dari keluarga. Saat saya berusia delapan atau sembilan, pas ayah saya senang melihat Indonesia juara Piala Thomas dan Tan Joe Hok kemudian juara di All England 1959, setiap pagi mulai pukul 05.00, saya lari, pokoknya ngukur jalanan di Surabaya itu sejauh 10 km," kata Rudy,

"Kalau hujan ya enggak ada libur. Kalau hujan saya lompat tali satu jam. Ayah saya enggak ada kompromi. Kalau enggak latihan, namanya cambuk itu jalan," ujar dia.

"Apakah itu berat? Enggak berat. Buktinya saya jadi juara. Cuma sapi atau kerbau yang bilang kalau berat. Orang tua itu mendidik disiplin. .Kalau harus latihan ya latihan, saatnya bangun ya bangun. Akhirnya, disiplin itu menjadi kebiasaan. Apakah saya mengorbankan masa remaja, ya tidak. Ini disiplin namanya," Rudy menegaskan.

Selain menjadi juara All England, Rudy juga menjadi juara dunia pada 1980. Dia juga mengangkat trofi Piala Thomas sebanyak empat kali.

(fem/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×