detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 17 Apr 2019 20:42 WIB

Dari Tong Sin Fu Hingga Rudy Hartono Panutan Rionny Mainaky Jadi Pelatih

Mercy Raya - detikSport
Rudy Hartono menjadi salah satu teladan Rionny Mainaky dalam melatih. (Rifkianto Nugroho/detikSport) Rudy Hartono menjadi salah satu teladan Rionny Mainaky dalam melatih. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Rionny Mainaky tak hanya mempelajari gaya melatih satu seniornya. Dia menyaring berbagai ilmu kepelatihan dari sepuluh orang terbaik, dari Tong Sin Fu hingga Rudy Hartono.

Rionny pernah menjadi asisten pelatih ganda putra di Cipayung menjelang Olimpiade 2008 Beijing. Dia bekerja bersama-sama Sigit Pamungkas menangani Hendra Setiawan/Markis Kido, yang kemudian keluar sebagai peraih medali emas di ajang tersebut.

Pelatih asal Ternate itu kemudian hijrah ke Jepang setelah tak mendapatkan tawaran menjadi pelatih di PBSI pada awal tahun 2009. Di Negeri Sakura itu, dia merintis perkembangan bulutangkis hingga melahirkan pemain-pemain top dunia.


Sejak 1 April, Rionny resmi pulang kampung. Dia menangani pebulutangkis tunggal putri pelatnas PBSI.

Dalam meracik pemain, Rionny tak hanya meneladani satu sosok. Dia meramu resep dari pelatih-pelatih berpengalaman yang pernah menangani dia, bekerja bersamanya, dan bahkan lawan-lawannya.

"Dulu saya dilatih dengan Tong Si Fu, Fan Kaixiang, Rudy Hartono, Fatria Aji, Pak Ridwan, banyak mungkin ada sepuluh pelatih terbaik di Indonesia. Di situ semua saya tampung," kata Rionny dalam One on One detikSport.

"Dari pelatih-pelatih itu, rata-rata memiliki modal sama, mereka disiplin, tak banyak bicara, tapi pintar-pintar semua hahaha. Jadi pelatih-pelatih hebat itu yang saya pelajari. Mereka menjadi referensi saya," dia menambahkan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed