detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Apr 2019 14:30 WIB

Hendra/Ahsan Berstatus Nonpelatnas, Herry IP: Mereka Tetap Anak Buah Saya

Mercy Raya - detikSport
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dianggap sebagai pasangan pelatnas PBSI. (Oli Scarff / AFP) Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dianggap sebagai pasangan pelatnas PBSI. (Oli Scarff / AFP)
Jakarta - Pelatih pelatnas bulutangkis ganda putra, Herry Iman Pierngadi, tak membedakan porsi latihan dan kesempatan untuk Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Kendati berstatus nonpelatnas, namun The Daddies masih dianggap bagian dari Cipayung.

Hendra/Ahsan memang bukan lagi pasangan pelatnas dengan alasan regenerasi. Mereka menjadi duet independen sejak awal 2019.

Tapi, mereka tetap berlatih di Cipayung bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk. Hanya saja, Hendra/Ahsan harus menanggung sendiri biaya turnamen dan penunjangnya. Prestasi mereka juga tak terjun bebas. Pasangan yang dijuluki The Daddies oleh fans itu menjadi juara All England dan finalis Singapura Terbuka 2019.

Herry pun tak memungkiri masih membutuhkan tenaga Hendra/Ahsan. Dia juga tak menutup peluang Hendra/Ahsan untuk mendapatkan tiket Olimpiade 2020 Tokyo.


"Ya, kalau itu tanggapan orang Hendra/Ahsan nonpelatnas, riilnya mereka latihan, tidur, makan di sini cuma statusnya karena mereka supaya bisa main di liga dan mereka sudah senior juga jadi itu pilihan mereka. Tapi buat saya tetap anak buah saya, sama saja," kata Herry di Pelatnas PBSI, Cipayung, kepada detikSport.

"Yang bilang di luar pelatnas siapa? Mereka latihan, makan, tidur di sini, bisa dilihat mereka latihan, sama, cuma statusnya saja mereka tak dibiayai pelatnas tapi sponsor sendiri. Mngkin bisa dapat lebih banyak atau apa. Jadi harus diralat lah (mereka bukan atlet di luar pelatnas)," kata Herry.

Bagi Hendra, situasi itu bukan baru dialami. Dia pernah keluar dari pelatnas pada 2009, namun kemudian balik kandang pada 2012. Kemudian, keluar lagi pada November 2016 dan berduet dengan pebulutangkis Malaysia, Tan Boon Heong. Sementara, bagi Ahsan ini kali pertamanya berkarier sebagai atlet profesional.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed