detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 30 Apr 2019 12:58 WIB

Gong Kualifikasi Bulutangkis ke Olimpiade Ditabuh!

Femi Diah - detikSport
Foto: Ben Hoskins/Getty Images Foto: Ben Hoskins/Getty Images
Jakarta - Kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo untuk bulutangkis resmi dimulai kemarin! Sebanyak 172 tiket diperebutkan hingga setahun ke depan.

Olimpiade 2020 memang dilangsungkan setahun lagi, tepatnya 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. Bulutangkis dijadwalkan 25 Juli dan berakhir 3 Agustus di Musashino Forest Sport Plaza.

Tapi, perebutan tiket pada bulutangkis untuk pentas di Olimpiade 2020 itu sudah dimulai Senin (29/4/2019) dan berakhir 26 April 2020. Pebulutangkis Indonesia merajut asa itu di Selandia Baru terbuka 2019 yang start Selasa (30/4/2019).


"Ini merupakan ajang yang menjadi tujuan hidup dan latihan keras atlet, untuk tampil di Olimpiade dan memenangkan medali emas," kata Presiden Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Poul-Erik Hoyer, dalam situs resmi BWF.

Merujuk hasil turnamen bWF belakangan, Jepang, sebagai tuan rumah, memiliki kekuatan yang harus diwaspadai. Di sektor tunggal putra, Jepang memiliki Kento Momota, yang kosnsiten di peringkat pertama. Sementara, di sektor tunggal putri, Jepang akan mengandalkan Nozomi Okuhara, pemilik medali perunggu Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, dan Akane Yamaguchi, kampiun Kejuaraan Bulutanagkis Asia 2019.

Jepang juga memiliki kekuatan mumpuni di sektor ganda putra, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan juara Asia 2019 Hiroyuku Endo/Yuta Watanabe, dan ganda putri, yang menguasai tiga besar dunia. Yakni, Yuki Fukhusima/Sayaka Hirota, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara, dan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Jepang juga memiliki satu gadna campuran yang konsisten di tiga besar, Watanabe/Arisa Higashino.

Sementara itu, Indonesia bakal bertumpu kepada ganda putra, yang saat ini memiliki tiga pasangan di lima besar dunia. Yakni, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Menarik untuk mengikuti awal hingga akhir perebutan 164 (masing-masing 82 putra dan putri) slot bulutangkis di Olimpiade 2020. Selain itu, disediakan enam tempat di nomor tunggal (masing-masing tiga untuk putra dan putri) untuk Invitasi Komisi Tripartit. Sementara itu, dua tiket lain, disediakan bagi tuan rumah untuk nomor tunggal (satu putra dan satu putri).

Deretan pebulutangkis yang bertanding di Olimpiade 2020 dirilis pada 6 Juli 2020.

Gong Kualifikasi Bulutangkis ke Olimpiade Ditabuh!
(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed