detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 03 Mei 2019 08:12 WIB

Liliyana ke Tim Piala Sudirman: Jangan Saling Mengandalkan, Pikul Beban Bersama

Mercy Raya - detikSport
Piala Sudirman 2019 akan bergulir 19-26 Mei (Foto: dok. Humas PBSI) Piala Sudirman 2019 akan bergulir 19-26 Mei (Foto: dok. Humas PBSI)
Jakarta - Liliyana Natsir menyebut Indonesia punya peluang membawa pulang Piala Sudirman tahun ini. Asalkan semua sektor merasa punya tanggung jawab yang sama besarnya.

Piala Sudirman tahun ini digelar 19-26 Mei di Guangxi Sport Center Gymnasium, Nanning, China. Indonesia tergabung di Grup 1B bersama Denmark dan Inggris.

Pada gelaran dua tahun lalu di Gold Coast, Australia, Indonesia gagal total. Untuk pertama kalinya Indonesia tidak lolos dari fase grup. Kalah 1-4 dari India, Tontowi Ahmad dkk tersingkir meski kemudian menang 3-2 atas Denmark.


Untuk Piala Sudirman 2019, Liliyana berharap tidak ada pola pikir saling mengandalkan dari setiap sektor. Peraih medali emas Olimpiade 2016 itu berpesan agar semua pemain merasa punya tanggung jawab yang sama besarnya.

"Ada kans yang penting masing-masing sektor punya tanggung jawab masing-masing. Jangan terlalu membebani atau berharap dengan sektor yang diandalkan karena permainan ini apapun bisa terjadi," kata Liliyana di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

"Kalau misalnya tiga diandalkan satu meleset kan bahaya. Saya berharap mindset teman-teman tim Piala Sudirman punya tanggung jawab dan pikul beban bersama-sama," sarannya.

"Jangan 'wah yang ditargetkan ganda putra, ganda campuran, atau ganda putri, wah gue santai-santai saja'. Enggak bisa. Jadi sama-sama punya tanggung jawab. Kalau tunggal putri tak ditargetkan bisa buat kejutan kenapa enggak? Ya itu diharapkan sih," katanya mempertegas.

(mcy/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed