detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 26 Mei 2019 19:10 WIB

Laporan dari China

Piala Sudirman 2019: China Tak Menyangka Menang 3-0 atas Jepang

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
China juara Piala Sudirman 2019 usai mengalahkan Jepang 3-0. (Wang Zhao/AFP) China juara Piala Sudirman 2019 usai mengalahkan Jepang 3-0. (Wang Zhao/AFP)
Nanning - China keluar sebagai juara Piala Sudirman 2019 usai mengalahkan Jepang di final. China tak menyangka bisa menyapu bersih tiga laga awal.

Dalam pertandingan final Piala Sudirman 2019 di Guangxi Sports Center Gymnasium, China merebut poin pertama lewat kemenangan Li Junhui/Liu Yuchen atas Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Mereka menang dua gim langsung 21-18, 21-10.

Chen Yufei yang turun pada partai kedua kemudian mengalahkan Akane Yamaguchi. Kemenangan China ditentukan oleh Shi Yuqi yang memenangi duel ketat sepanjang tiga gim melawan pebulutangkis nomor satu dunia, Kento Momota.


China memang sudah mempelajari kemungkinan susunan pemain Jepang. Namun mereka tetap tidak menyangka bisa menang 3-0.

"Kami sudah mempelajari susunan pemain Jepang. Kami bahkan sudah siap jika harus sampai pertandingan kelima," ujar pelatih China, Xia Xuanze, dalam konferensi pers usai pertandingan di Guangxi Sports Center Gymnasium.

"Hari ini, dalam hal kekuatan, kami seimbang dengan Jepang. Jepang sangat kuat. Kemenangan ganda putra memberi kami kepercayaan diri dan motivasi," dia menambahkan.

"Kami mempersiapkan pertandingan ini dengan sangat hati-hati, termasuk kemungkinan imbang 2-2. Tapi ini memang di luar dugaan kami bisa menang 3-0," katanya.

Dengan sukses itu, China mengoleksi 11 gelar juara Piala Sudirman. Indonesia baru sekali.

(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed