detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 21 Nov 2019 18:29 WIB

Sop Buntut Jadi Makanan Favorit Atlet di Asrama PB Djarum

Puti Yasmin - detikSport
PB Djarum menjaga ketat asupan gizi atlet mudanya. (Foto: Puti Yasmin) PB Djarum menjaga ketat asupan gizi atlet mudanya. (Foto: Puti Yasmin)
Jakarta - Pebulutangkis muda di PB Djarum diawasi pola makan dan asupan gizinya, tapi bukan berarti tak bisa makan enak. Sop buntut adalah makanan favorit di sana.

Untuk menjaga keseimbangan asupan gizi atlet mudanya, PB Djarum punya dokter yang memantau aspek ini yakni dr Ruth Ratna Widjaja MKes. Kebutuhan setiap atlet akan diukur dan dihitung berdasarkan kadar latihannya.


"Gizi nggak ada yang beda, makanannya sama. Cuma kita bedanya diukur berapa kali dia latihan, setiap harinya itu diukur untuk dapat kalorinya. Kita mengacu pola gizi seimbang," ungkap dia di kantin PB Djarum, Kudus, Kamis (21/11/2011).

Meski asupan gizi dipantau, para atlet tetap bisa mengajukan menu tertentu. Salah satu yang paling kerap diminta adalah sop buntut.

"Ada permintaan, boleh. Mereka punya kesukaan, kaya sop buntut favorit sekali. Kebetulan yang buat (olahan sop buntutnya) enak," paparnya.


Makanan di kantin PB Djarum dibuat tanpa MSG alias penyedap rasa dan diproses semua oleh koki sendiri. Sehingga ia bisa menjamin kebersihan dan kesehatannya. Dapur juga menyediakan camilan malam hari.

"Nggak pakai MSG di sini. Kalau mau buat fast food juga tepungnya kita buat sendiri. Ayamnya pakai kampung," ungkap dia.

"Satu bulan kita patok pagi, siang, malem beda menunya. Contoh ayam rica-rica proteinnya, kalau karbohidrat bisa mi, nasi atau spaghetti. Kalau malam bisa pilih kaya di hotel, ada makaroni schotel atau lumpia udang," tutup dia.



Simak Video "Moeldoko Sambangi PB Djarum: Tak Ada Eksploitasi, Teruskan Audisi!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com