detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Des 2019 13:23 WIB

Kalah Fisik, Greysia/Apriyani pun Jeblok di BWF World Tour Finals

Femi Diah - detikSport
Foto: dok. Humas PBSI
Guangzhou - Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu tak berhasil melewati fase grup di BWF World Tour Finals 2019. Laju kurang sip dinilai karena mereka tak bugar.

Greysia/Apriyani menutup turnamen bulutangkis berhadiah total USD 1,5 juta itu sebagai juru kunci Grup A. Ganda putri peringkat kedelapan dunia itu menelan tiga kekalahan di fase penyisihan grup.

Secara berturut-turut, Greysia/Apriyani dikalahkan pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota serta tunduk di tangan dua ganda China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Due Yue/Li Yin Hui. Padahal, greysia/Apriyani selalu memenangi gim pertama di laga-laga tersebut.


Pelatih pelatnas PBSI ganda putri, Eng Hian, menyebut stamina anak asuhnya sedang kurang sip di ajang itu. Sehingga, skenario permainan yang diterapkan tak maksimal.

"Pola permainan yang coba diterapkan sebetulnya sudah benar, tetapi karena kondisi kebugarannya yang kurang bagus, jadi hasilnya yang kurang memuaskan," kata Eng Hian dalam rilis PBSI.

"Saya kira hal itu dapat dilihat dari setiap pertandingannya, mereka selalu menang di gim pertama, dan kalah di gim berikutnya," dia menambahkan.

"Kebugaran fisik inilah yang perlu segera diperbaiki. Masih ada waktu untuk memperbaiki ini sebelum kejuaraan berikutnya," ujar dia.

Greysia/Apriyani memang tak memiliki waktu istirahat usai tampil di SEA Games 2019. Usai menjalani babak final di Manila, mereka bablas ke Guangzhou.


Soroti Servis Greysia

Selain itu, Eng Hian mengomentari kualitas servis yang dimiliki Greysia. Menurutnya, servis yang dilakukan Greysia bisa merugikan diri-sendiri dan menguntungkan lawan.

"Saya rasa Greysia harus bisa memperbaiki kualitas servis-nya. Karena dalam situasi servis seperti itu, tentunya bisa semakin menguntungkan pihak lawan. Saya perhatikan dari kualitas servis Greysia ini, lawan seperti mendapat poin gratis minimal lima poin di setiap gimnya," kata dia.

"Intinya kami semua, di sektor ganda putri harus latihan lebih keras lagi," dia menambahkan.



Simak Video "Gokil! Rally 2 Menit Ganda Putri Indonesia Demi 1 Poin"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com