detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 30 Des 2019 18:58 WIB

9 Momen Spesial Bulutangkis di 2019

Femi Diah - detikSport
Foto: Istimewa/PBSI Foto: Istimewa/PBSI
Jakarta - Sepanjang tahun 2019 tercipta momen spesial dari bulutangkis. Perayaan rekor oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, babak baru Lee Chong Wei, juga sederet fakta lain.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih menjadi yang terbaik di ganda putra dunia. Mereka sama sekali tak tergeser dari peringkat pertama dunia.

Pasangan yang dijuluki Minions oleh fan bulutangkis itu konsisten di posisi tersebut dengan gaya. Mereka mengoleksi delapan gelar juara turnamen terbuka Federasi Bulutangkis Dunia (BWF);

Tapi di sisi lain, mereka menemukan satu kryptonite di tahun ini. Kevin/Marcus selalu kalah oleh pasangan ini.

Juga sejarah yang dibuat oleh Hendra/Ahsan. Mereka berhasil menjadi ganda putra pertama yang menyegel gelar juara dunia, All England, dan BWF World Tour Finals.


Selain itu sederet peristiwa dicatat dari bulutangkis sepanjang 2019. Berikut rangkumannya:

1. Liliyana Natsir Pensiun

Liliyana Natsir memutuskan untuk gantung raket pada Januari 2019. Dia menjalani pertandingan resmi terakhir di Indonesia Masters 2019 dengan menjadi runner-up.

Butet yang memutuskan pensiun di usia 34 tahun mengoleksi 23 gelar juara super series, termasuk tiga kali juara All England, empat kali juara dunia, satu medali emas dan satu perak olimpiade, serta lima emas SEA Games.

2. Hendra/Ahsan Tua-Tua Keladi

Hendra/Ahsan membuktikan sebagai pasangan gaek yang kian matang. The Daddies mencapai 11 final dengan empat kali juara, tiga di antaranya dari turnamen bergengsi; Kejuaraan Dunia Bulutangkis, All England, dan BWF World Tour. Mereka juga menyodok ke posisi kedua dunia.

Gelar juara dunia itu menjadi koleksi keempat Hendra dan yang ketiga untuk Ahsan. Rekor lain juga dicatatkan Hendra di Kejuaraan Dunia. Dia menjadi pemain tertua, 35 tahun, yang menjadi juara dunia.

3. Kento Momota Super 11

Pebulutangkis Jepang, Kento Momota, mengoleksi 11 gelar juara sepanjang taun ini dari 12 final. Sembilan gelar didapatkan dari ajang terbuka, dua lainnya di Kejuaraan Dunia dan Kejuaraan Asia.

Catatan itu melampaui capaian mantan pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei pada 2010. Istimewanya, Momota menutup rangkaian laju sip itu dengan menjadi juara BWF World Tour Finals.

4. Lee Chong Wei Pensiun
lee Chong Wei dan istri Wong Mew Choolee Chong Wei dan istri Wong Mew Choo Foto: Mohd RASFAN / AFP

Pebulutangkis Malaysia, lee Chong Wei, memutuskan untuk pensiun pada 13 Juni 2019. Bapak dua anak dengan 69 gelar juara itu menghindari risiko besar kanker hidung andai tetap berlatih dengan intensitas tinggi.

Sepanjang kariernya, Chong Wei menghuni peringkat pertama dalam tempo 349 pekan, termasuk 199 pekan secara beruntun pada 21 Agustus 2008 hingga 14 Juni 2012.


5. Indonesia Juara Dunia Bulutangkis Junior

Indonesia meraih trofi Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior Piala Suhandinata 2019 usai mengalahkan China 3-1 di babak final Kazan pada 5 Oktober.

Di kategori perorangan Indonesia juga meraih gelar juara melalui Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dari ganda putra. Leo/Daniel mengalahkan Di Zijian/Wang Chang di final.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hendra/Ahsan Juara Dunia Bulutangkis, Wiranto: Tua-tua Keladi"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com