detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 15 Jan 2020 18:00 WIB

Jelang Australia Terbuka, Sharapova Keluhkan Gangguan Asap Kebakaran Hutan

Adhi Prasetya - detikSport
Sharapova keluhkan asap yang mengganggu pernapasannya di Melbourne. Foto: Mike Owen/Getty Images
Melbourne - Kebakaran hutan di Australia ikut mengganggu persiapan turnamen tenis Australia Terbuka 2020. Sejumlah atlet sudah mengeluh, termasuk petenis asal Rusia, Maria Sharapova.

Kebakaran hutan yang masif diketahui sudah melanda Australia sejak pertengahan 2019, dan kota Melbourne, tempat Australia Terbuka dilaksanakan ikut merasakan dampaknya.

Kualitas udara yang memburuk akibat asap kebakaran membuat warga sulit bernapas. Bagi olahragawan yang harus bertanding, kondisi tersebut justru semakin menyiksa, tak terkecuali Sharapova.

Petenis 32 tahun itu mengalami batuk-batuk saat bertanding di Kooyong Classic, turnamen pemanasan jelang Australia Terbuka 2020, pada Selasa (14/1). Tak hanya dirinya, lawan bertandingnya, Laura Siegemund (Jerman), juga merasakan hal yang sama. Laga tersebut akhirnya dihentikan di gim kedua.

"Kami bermain lebih dari dua jam dan tiba-tiba saya merasa sedikit batuk-batuk jelang akhir gim kedua," ujar Sharapova kepada SBS, dikutip Fox Sports Asia.


"Saya sudah sakit selama beberapa pekan jadi awalnya saya pikir (batu-batuk itu) ada hubungannya dengan sakit saya. Tapi sewaktu Laura bicara kepada wasit dan mengeluhkan hal yang sama, saya langsung berpikir, 'oke, ternyata bukan saya saja'. Wasit lalu mengatakan untuk bermain sebentar lagi."

"Kami sudah dua jam lebih di luar ruangan, jadi dari sudut pandang kesehatan, keputusan wasit sudah tepat," sambungnya.

Sebelumnya, laga kualifikasi Australia Terbuka 2020 sudah memakan 'korban'. Petenis Slovenia, Dalila Jakupovic, memilih mundur karena kesulitan bernapas dan harus dibantu petugas untuk berjalan keluar lapangan di tengah pertandingan melawan Stefanie Vogele (Swiss), Selasa (14/1) lalu.

"Kondisinya sangat buruk. Saya tak pernah mengalaminya sebelumnya," kata Jakupovic, dikutip oleh BBC.

Jadwal kualifikasi sempat molor pada Selasa kemarin, dan hal yang sama terjadi pada hari Rabu (15/1) sebelum akhirnya dibatalkan karena hujan lebat di kota Melbourne. Hujan tersebut diharapkan membuat kondisi udara membaik di hari-hari berikutnya.



Simak Video "Si Cantik Maria Sharapova Resmi Gantung Raket"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com