detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 25 Jul 2020 17:10 WIB

Simulasi Piala Thomas dan Uber 2020 Dijadwalkan Awal September

Mercy Raya - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - MARCH 10: A shuttlecock is seen on the court in between games during Day 6 of the Yonex All England Badminton Open at NIA Arena on March 10, 2013 in Birmingham, England. (Photo by Ben Hoskins/Getty Images) Simulasi Piala Thomas dan Uber 2020 Dijadwalkan Awal September. (Foto: Ben Hoskins/Getty Images)
Jakarta -

Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berencana menggelar simulasi Piala Thomas dan Uber 2020. Replikasi kejuaraan beregu itu dijadwalkan untuk bergulir pada awal September.

Piala Thomas dan Uber 2020 dijadwalkan berlangsung 3-11 Oktober, Denmark, setelah mengalami dua kali perubahan jadwal. Akan tetapi, belum pastinya jadwal tersebut membuat PBSI harus pintar-pintar memanfaatkan waktu. Termasuk menyiapkan simulasi pertandingan dengan format beregu untuk Jonatan Christie dkk.

"Saat ini BWF (Badminton World Federation) sedang dalam proses bersama tuan rumah terkait protokol kesehatan yang harus dilalui atlet. Kami juga belum mendapat kepastian lagi mengenai kejuaraan-kejuaraan resmi dari BWF," kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, dalam rilis yang diterima detikSport.

"Oleh karena itu, kami perlu simulasi untuk mematangkan kesiapan pemain kami," lanjutnya terkait rencana simulasi Piala Thomas dan Uber 2020 itu.

Budiharto tak menepis persiapan di turnamen beregu berbeda dengan di turnamen perorangan. Kekompakan dan team work menjadi salah satu poin penting di dalam turnamen beregu seperti Piala Thomas dan Uber.

Terlebih, PBSI mencanangkan target tinggi yaitu membawa pulang trofi Piala Thomas. Pada ajang itu dua tahun lalu, tim Merah Putih terhenti di semifinal usai kalah dari China 1-3.

"Untuk itu, nanti para pemain akan dikelompokkan ke dalam beberapa grup dengan menggunakan format setengah kompetisi," ujarnya menegaskan pentingnya simulasi tersebut.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dan Badminton Denmark sebelumnya mengonfirmasi bahwa Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark bakal digelar pada tanggal 3-11 Oktober 2020. Jadwal itu mundur dari rencana sebelumnya, 16-23 Agustus, imbas pandemi COVID-19.



Simak Video "Menpora Nengok Jonatan Christie cs Berlatih Demi Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com