detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 26 Sep 2020 15:28 WIB

PBSI: Indonesia Masters 2021 Mungkin Digelar Juli

Mercy Raya - detikSport
Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak kedua Indonesia Masters 2020. Mereka mengalahkan ganda putri China Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting. Indonesia Masters 2021 memungkinkan digelar Juli. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

PP PBSI memang belum memastikan nasib Indonesia Masters 2021 menyusul penggeseran jadwal tiga turnamen Asia 2020 ke tahun depan. TTapi turnamen BWF World Tour Super 500 itu memungkinkan digelar Juli.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto. Keyakinan itu merujuk pada jadwal turnamen BWF tahun-tahun sebelumnya. Indonesia memiliki dua turnamen pasti yang digelar tiap tahunnya.

Antara lain, BWF World Tour Super 500 Indonesia Masters (Januari) dan BWF Word Tour Super 1000 Indonesia Open (Juli).

Namun, keputusan BWF yang menggeser jadwal tiga turnamen bulutangkis, yakni Asia Open I, Asia Open II, dan BWF Wolrd Tour Finals menjadi Januari 2021. Maka otomatis, Indonesia Masters ditiadakan di bulan tersebut.

Akan tetapi, Indonesia masih berpeluang menggelarnya pada Juli, bulan yang sama dengan perhelatan Indonesia Open. Apalagi, BWF berencana menerapkan turnamen dengan sistem back to back di satu negara.

Tujuannya untuk menghindari intensitas atlet berpindah negara di tengah pandemi. Selain itu, memaksimalkan waktu agar tidak terlalu banyak waktu untuk karantina.

"Jadi kalau melihat policy dasarnya BWF ya kemungkinan itu yang paling mungkin terjadi (Indonesia Masters digelar di bulan yang sama dengan Indonesia Open)," kata Budiharto kepada detikSport, Sabtu (26/11/2020).

Hanya, sebut Budiharto, formatnya Indonesia Mastersakan digelar lebih dulu, kemudian Indonesia Open.

"Kalau setelah ya akan mepet dengan Olimpiade Tokyo. Banyak negara-negara yang sudah mengirimkan atletnya ke Jepang, dengan demikian banyak juga atlet yang tidak bisa ikut (di turnamen Indonesia)," ujarnya.



Simak Video "Menpora Nengok Jonatan Christie cs Berlatih Demi Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com