detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 22 Des 2020 19:50 WIB

Antusiasme Fajar/Rian Jelang Turnamen Thailand

Mercy Raya - detikSport
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan rekannya Muhammad Rian Ardianto mengembalikan kok ke arah lawannya ganda Denmark Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen dalam babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Ganda putra unggulan kelima itu lolos ke semi final usai mengalahkan Kim dan Anders dengan skor 18-21, 21-13, dan 21-17. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
  *** Local Caption *** Foto: Aditya Pradana Putra
Jakarta -

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto antusias menghadapi turnamen Thailand Januari 2021. Fajar/Rian bahkan mengaku sudah siap tancap gas.

Para pebulutangkis Indonesia akan kembali bertanding pada awal tahun depan setelah nyaris sembilan bulan tanpa mengikuti turnamen.

Adapun gelaran tur Asia yang mereka ikuti yakni dari Yonex Thailand Open pada 12-17 Januari, Toyota Thailand Open pada 19-24 Januari, dan HSBC BWF World Tour Finals 2020 pada 27-31 Januari 2021.

Kedua turnamen Thailand Open sama-sama ada di kategori BWF World Tour Super 1000, sedangkan BWF World Tour Finals merupakan puncak dari gelaran BWF World Tour selama satu tahun, sehingga turnamen ini juga memiliki prestise tersendiri.

Di sisi lain, menghadapi tiga turnamen beruntun setelah lama absen, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para atlet. Apalagi turnamen ini akan dilangsungkan di masa pandemi, atlet dituntut untuk lebih ekstra menjaga kondisi dan kesehatan mereka.

Fajar/Rian, salah satu ganda putra yang disiapkan PBSI mengaku tak sabar bisa tampil kembali ke lapangan. Mereka bahkan telah mempersiapkan diri sejak akhir November. Terutama mengembalikan fisik.

"Waktu bulan November, memang yang diutamakan itu mengembalikan kondisi fisik, tapi dua minggu jelang turnamen, lebih banyak latihan teknik. Saya juga banyak program kekuatan tangan, karena sudah lama nggak tanding, jadi power-nya harus ditingkatkan," jelas Rian dalam rilis PBSI.

Sementara itu, Fajar merasa harus lebih siap beradaptasi dengan atmosfer pertandingan yang sudah lama tidak dirasakannya.

"Untuk atmosfer pertandingan, ya memang harus mulai dari nol lagi. Ini absen tandingnya kan lama, lamanya sudah kebangetan, jadi ada ambisi lagi sudah nggak sabar mau tanding lagi. Semoga nggak ada rasa canggung karena sudah lama tidak tanding," Fajar menimpali.

"Kalau kondisi fisik, kalau dari latihannya nggak terpengaruh, seharusnya tidak masalah sih. Selama ini kan kami tetap latihan terus, masa pandemi juga tidak diliburkan, jadi saya merasa tidak ada masalah dari segi fisik," lanjutnya.

Menyoal target, Fajar/Rian yang merupakan ganda ranking 6 dunia ini berharap bisa tampil semaksimal mungkin di tiga turnamen ini.

(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com