Viktor Axelsen, Pebulutangkis Denmark yang Beruntung di 2020 versi BWF

Mercy Raya - Sport
Minggu, 27 Des 2020 12:55 WIB
Anthony Sinisuka Ginting melaju mulus ke final Indonesia Masters 2020 usai tekuk Viktor Axelsen dari Denmark.
Viktor Axelsen mendapatkan pernghargaan dari BWF. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kendati pendemi COVID-19 membuat dunia olahraga lumpuh, Viktor Axelsen mendapatkan sedikit obat. Pemain Denmark itu mendapat penghargaan dari BWF.

COVID-19 telah merampas nyaris kehidupan normal para atlet dan peluang mereka berprestasi di 2020. Tapi tak sedikit juga atlet yang masih beruntung dengan kondisi tersebut.

Axelsen berhasil mencatatkan kenangan manis lewat torehan tinta emasnya. Baik prestasi maupun kehidupan pribadi selama pandemi Corona. Apa saja?

Seperti dilansir detikSport dari laman BWF, secara keseluruhan pada musim ini ia mengoleksi dua gelar perorangan dan satu gelar untuk kejuaraaan beregu.

Pertama Barcelona Spanyol Masters pada Februari 2020 dan BWF Super 1000 All England pada tiga pekan berikutnya.

Kemenangan itu sekaligus mengakhiri penantian selama 21 tahun bagi Denmark dan Eropa untuk menjadi juara tunggal putra di turnamen tersebut.

Pertarungan untuk mendapat gelar itu juga cukup dramatis mengingat lawannya merupakan pemain dengan peringkat top 30. Bahkan dalam penentuan gelar, pebulutangkis 7 dunia itu mengalahkan unggulan teratas Chou Tien Chen.

Jauh sebelum itu, Viktor dan Timnasnya juga menjadi juara di Kejuraan Beregu Putra dan putri Eropa di Lievin, Prancis.

Tiga kemenangan itu sekaligus membalaskan dua kegagalan sebelumnya mengawali musim 2020 usai mimpinya menjadi juara dikubur Kento Momota pada laga finaldi Malaysia Masters dan Anthony Sinisuka Ginting saat di semifinal Indonesia Masters 2020.

Setelah itu, induk organisasi bulutangkis dunia itu menyetop hampir seluruh agenda turnamen karena wabah yang berkepanjangan. Turnamen mulai tidak dipertandingkan sejak 15 Maret atau usai All England digulirkan.

Selain dari sisi prestasi, Viktor juga ternyata mendapatkan berkat lain dari pandemi Corona. Ia menjadi ayah dari seorang putri bernama Vega (Rohde Axelsen), buah kasihnya dengan sang istri, Natalia Rohde.

"Ucapkan hai kepada Vega Rohde Axelsen. Dia lahir kemarin (15/10/2020) pada pukul 10.26 malam waktu Denmark. Aku sangat bangga padamu dan ibumu yang luar biasa," tulis Axelsen dalam akun Instagramnya, @viktoraxelsen.

BWF sempat menggelar Denmark Open sebagai turnamen penutup musim pada 13-18 Oktober lalu. Tetapi Viktor tak bisa ikut bagian di ajang tersebut lantaran masih pemulihan operasi pergelangan kakinya.

Kini setelah dikabarkan pulih, juara Eropa dua kali itu berencana comeback di Thailand pada Januari 2021. Ia menargetkan bisa meraih gelar di dua turnamen Thailand Open dan satu BWF World Tour Finals 2020.



Simak Video "Tim Indonesia Didepak dari All England, Menpora: BWF Diskriminatif!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/cas)