detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Jan 2021 19:00 WIB

BWF: Empat Pebulutangkis Positif COVID-19 di Asian Leg

Mercy Raya - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - MARCH 10: A shuttlecock is seen on the court in between games during Day 6 of the Yonex All England Badminton Open at NIA Arena on March 10, 2013 in Birmingham, England. (Photo by Ben Hoskins/Getty Images) BWF: Empat Pebulutangkis Positif COVID-19 di Asian Leg. (Foto ilustrasi: Ben Hoskins/Getty Images)
Jakarta -

Federasi Bulutangkis Dunia/Badminton World Federation (BWF) mengonfirmasi ada empat pebulutangkis yang dinyatakan positif COVID-19 di Asian Leg. Dua di antaranya dari India.

Hasil tersebut diketahui usai para pemain melakukan tes swab ketiga pada Senin (11/1/2021). Sementara BWF menginformasikannya beberapa jam sebelum dimulainya babak pertama Yonex Thailand Open pada Selasa (12/1/2021) pagi.

"Keempat pemain tersebut termasuk dua dari India, satu dari Jerman, dan satu dari Mesir. Tapi setelah menguji ulang spesimen yang sama, satu pemain dari India, dan kedua pemain dari Jerman dan Mesir ditemukan negatif," bunyi pernyataan BWF.

Rencananya, tiga pemain yang sudah dinyatakan negatif akan melakukan tes swab kembali pada hari ini. Sementara satu pemain India, yang tidak disebutkan namanya, tetap positif, diisolasi di rumah sakit selama minimal 10 hari. "(Tapi) orang itu akan diuji lagi hari ini juga."

Di sisi lain, BWF menilai jalannya pertandingan tetap mulus meskipun harus ada beberapa pemain yang diketahui positif.

"Pertandingan yang melibatkan pemain ini dinyatakan berjalan mulus. Pertandingan hari ini yang menampilkan teman sekamar dari pemain ini juga dinyatakan berjalan lancar. Pemain itu berada di karantina sendiri dan juga menjalani tes lain hari ini."

Sementara itu, BWF dan Asosiasi Bulu Tangkis Thailand akan terus mengikuti semua protokol yang diuraikan oleh otoritas kesehatan setempat untuk memastikan keselamatan semua peserta lainnya.

Dengan hasil tersebut, BWF menyatakan seluruh tim India dikategorikan berisiko tinggi oleh otoritas kesehatan Thailand dan semua pemain serta rombongan tim saat ini sedang melakukan karantina sendiri di kamar mereka di hotel dan akan menjalani tes PCR hari ini.

Para pemain India yang telah dinyatakan negatif dan dijadwalkan bermain hari ini akan diizinkan datang ke venue. Sementara untuk pelatih, manajer, atau personel lain dari Tim India tidak diizinkan.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com