detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Jan 2021 16:55 WIB

BWF World Tour Finals: Bagaimana Kans Ganda Campuran Indonesia?

Mercy Raya - detikSport
Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja di PBSI Home Tournament. Bagaimana peluang ganda campuran Indonesia di BWF World Tour 2020? (Foto: dok.PBSI)
Bangkok -

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2020. Bagaimana peluang mereka juara?

BWF World Tour Finals akan berlangsung di Impact Arena Bangkok, 27 sampai 31 Januari 2021. Indonesia meloloskan lima wakilnya, di antara dua tiket untuk ganda campuran, Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria.

Dari hasil undian, Praveen/Melati masuk grup A bersama Marcus Ellis/Lauren Smith, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, dan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.

Adapun Hafiz/Gloria mengisi grup B bersama Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich, Goh Soon Huat/Shevon Jemiie Lai, dan Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Merujuk peringkat dan head to head, Praveen/Melati bakal melalui jalan terjal menghadapi lawan-lawannya. Peringkat juara All England itu kalah dari Puavaranukroh/ Taerattanachai. Meskipun jika dilihat dari head to head, Praveen/Melati unggul dari pasangan Thailand tersebut.

Sementara untuk menghadapi Seung Jae/Yu Jung, Praveen/Melati unggul dalam peringkat dengan pasangan Korea Selatan itu, tapi tidak dalam rekor pertemuan. Praveen/Melati kalah dalam pertemuan pertama mereka di Toyota Thailand Open pada pekan lalu.

Menghadapi Marcus Ellis/Lauren Smith, juara All England 2020 itu unggul head to head 2-0 dan rangking dunia.

Lantas bagaimana dengan Hafiz/Gloria? Mereka relatif lebih mudah untuk mencapai semifinal menilik dari rekor pertemuan dengan tiga pasangan lainnya.

Hafiz/Gloria mendominasi keunggulan atas tiga pasangan tersebut, terutama untuk pasangan Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich, dan Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Yang perlu diwaspadai yaitu ganda Malaysia Goh Soon Huat/Shevon Jemiie Lai. Meskipun pada pertemuan terakhir di Toyota Thailand Open pekan lalu, Hafiz/Gloria mengantongi tiket kemenangan ke 16 besar, tapi laga itu tak dilalui mudah.

Mereka sempat kehilangan game poin di gim pertama, sebelum akhirnya merebut kemenangan pada dua gim berikutnya dengan skor 19-21, 21-19, 21-16.

Richard Mainaky pelatih kepala ganda campuran Indonesia, tetap percaya diri dengan peluang besar anak-anaknya menembus final.

"Kejuaraan Thailand Open 1 dan Thailand Open 2 dengan hasil dapat final (Praveen/Melati) dan 8 besar (Hafiz/Gloria) saya tetap optimistis," kata Richard kepada detikSport, Selasa (26/1/2021).

"Tidak ada perubahan target walaupun hasil (kemarin) belum sesuai target. Hasil ini baik untuk kita evaluasi kekurangan-kekurangan yang lebih khusus pada nonteknis," dia menjelaskan.

"Artinya, hasil undian BWF World Tour Final untuk ganda campuran Indonesia relatif mudah. Tinggal bagaimana Praveen/Melati memperbaiki komunikasi di lapangan jika ingin final dan juara. Karena komunikasi baik pasti/otomatis greget untuk menang akan lebih besar."

"Sementara untuk Hafiz/Gloria penampilan (mereka) semakin membaik dari kejuaraan Thailand pertama. Jadi saya berharap ini modal baik untuk mereka bisa tembus babak minimal semifinal," kata Richard.

"Saya sudah evaluasi dengan Nova Widianto (asisten pelatih). Semoga semua berjalan lancar sesuai harapan," dia mengharapkan.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com