detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 31 Jan 2021 21:35 WIB

BWF World Tour Finals 2020: Taiwan Dua Juara, Indonesia Nirgelar

Mercy Raya - detikSport
Laga derby Indonesia di babak semifinal antara Hendra/Ahsan dan Fajar/Rian berlangsung sengit. Tiket final akhirnya dikantongi Hendra/Ahsan. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan gagal juara di BWF World Tour Finals 2020, Indonesia tanpa gelar. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

BWF World Tour Finals 2020 rampung digulirkan. Sejumlah jawara baru muncul, namun tak ada dari Indonesia. Berikut hasil lengkapnya.

Pada laga final yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Minggu (31/1/2021), ganda putri Korea Lee So Hee/Shin Seung Chan memastikan gelar pertama di ajang tersebut.

Melawan kompatriotnya, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, Lee/Shin mengamankan gelar setelah kehilangan poin di gim pertama. Mereka menyudahi permainan 92 menit itu dengan skor 15-21, 26-24, 21-19.

Pada nomor ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang digadang-gadang bisa mempertahankan gelar BWF World Tour Finals di musim ini, gagal terwujud.

Langkah mereka dihentikan pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin dalam laga dua gim langsung 17-21, 21-23 dalam waktu 37 menit.

Kekalahan ini merupakan yang kedua bagi pasangan gaek ini dalam dua pekan berturut-turut, sekaligus keempat dalam 10 kali pertemuan mereka.

Pertemuan terakhir tersaji di Toyota Thailand Open, Hendra/Ahsan juga takluk dari pasangan berperingkat tujuh dunia itu. Dengan demikian, Lee/Wang menjadi jawara baru di BWF World Tour Finals 2020.

Tai Tzu Ying, mengikuti hasil posotif dari rekannya, Lee/Wang. Ia merebut gelar di tunggal putri setelah menumbangkan pebulutangkis Spanyol, Carolina Marin, dengan skor 14-21, 21-8, 21-19.

Kemenangan ini sekaligus pembalasan ratu bulutangkis dunia ini terhadap Marin atas dua turnamen sebelumnya. Saat itu, Tzu Ying dua kali kalah dalam final di Toyota Thailand Open dan Yonex Thailand Open 2021 dua pekan lalu.

Denmark merebut satu gelar pada nomor tunggal putra, usai meloloskan dua wakilnya di final, yaitu Vikto Axelsen dan Anders Antonsen. Duel rekan senegara itu pun dimenangkan Antonsen, dengan skor 21-16, 5-21, 21-17 dalam waktu 60 menit.

Sementara itu, tuan rumah kebagian satu gelar lewat nomor ganda campuran. Ialah Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang berhasil mengamankan gelar jawar setelah mengalahkan wakil Korea Seo Seung Jae/Chae Yujung dalam laga tiga game. Mereka menang atas Seo/Chae dengan skor 21-18, 8-21, 21-8.

Gelar di BWF World Tour Finals 2020 ini menjadi yang ketiga untuk Puavaranukroh/Taerattanachai dalam tiga turnamen dan tiga pekan berturut-turut. Dua gelar lainnya diperoleh di Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open.



Simak Video "Sukses Bungkam Ganda Jerman, Hafiz/Gloria Punya Kans Lolos"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com