detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 01 Feb 2021 20:20 WIB

PBSI Kirim 17 Wakil ke Swiss Open, Tanpa Hendra/Ahsan dan Kevin/Marcus

Mercy Raya - detikSport
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bertanding di ajang Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020 17 atlet dikirim PBSI ke Swiss Open 2021, tak ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (Foto: Dok. PBSI)
Jakarta -

PP PBSI merilis daftar pemain yang akan dikirim ke Swiss Open sebagai bagian kualifikasi Olimpiade Tokyo. Tapi dari 17 wakil, tidak ada nama dari tiga ganda putra top dunia.

Swiss Open bergulir di Basel, 2 sampai 7 Maret. Turnamen BWF World Tour Super 300 itu merupakan ajang perebutan poin Olimpiade untuk para pebulutangkis dunia, termasuk Indonesia.

Meski baru berlangsung sebulan lagi, induk organisasi bulutangkis Indonesia itu telah menetapkan 17 nama yang akan mewakili Merah-Putih di ajang tersebut.

Melalui akun resmi PBSI, @badminton.ina, sejumlah nama andalan masuk dalam pemain yang akan dikirimkan. Termasuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari nomor ganda putri. Keduanya baru saja menjuarai Yonex Thailand Open yang berlangsung di Bangkok, 12-17 Januari.

Tak sendiri, mereka juga didampingi Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Dari nomor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rusthavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang diturunkan di Swiss Open 2021.

Dari nomor ganda putra, Indonesia tak menurunkan skuad penuh. Tiga ganda putra enam teratas, yakni juara bertahan Swiss Open Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pasangan nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamujo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (2 dunia), tak diikut sertakan.

PBSI mengandalkan pemain muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Leo/Daniel sendiri merupakan bibit muda yang punya potensi besar membuat kejutan. Hal itu tak lepas dari prestasi mereka di Thailand Open edisi pertama.

Ganda peringkat 70 dunia itu berhasil menembus semifinal turnamen BWF World Tour Super 1000 usai menumbangkan pemain-pemain top 20 dunia. Seperti Fajar/Rian, Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) dan Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris).

Untuk sektor ganda campuran, skuad Merah-Putih menumpukan harapan pada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sementara itu, deretan pemain tunggal putri masih mengandalkan Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, dan Putri Kusuma Wardani untuk berlaga di Swiss Open 2021.

Pada edisi sebelumnya, Indonesia berhasil memboyong satu gelar dari Fajar/Rian di nomor ganda putra. Lantas bagaimana dengan tahun ini?

Lihat Video: PBSI Evaluasi Hasil Thailand Open hingga BWF World Tour Finals

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com