Australia Terbuka 2021: Medvedev Tantang Djokovic di Final

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 19 Feb 2021 19:55 WIB
MELBOURNE, AUSTRALIA - FEBRUARY 19: Daniil Medvedev of Russia celebrates after winning a game in his Mens Singles Semifinals match against Stefanos Tsitsipas of Greece during day 12 of the 2021 Australian Open at Melbourne Park on February 19, 2021 in Melbourne, Australia. (Photo by Quinn Rooney/Getty Images)
Medvedev lolos ke final Australia Terbuka 2021. Foto: Getty Images/Quinn Rooney
Melbourne -

Daniil Medvedev lolos ke final Australia Terbuka 2021. Petenis asal Rusia itu berpeluang meraih grand slam perdana dalam kariernya.

Pada laga semifinal yang berlangsung di Melbourne Park, Jumat (19/2/2021), Medvedev yang berstatus unggulan keempat berhasil menumbangkan unggulan kelima asal Yunani, Stefanos Tsitsipas, dengan skor 6-4, 6-2, 7-5.

Hasil ini menjadi kedua kalinya Medvedev lolos ke turnamen grand slam. Sebelumnya ia pernah menembus final AS Terbuka pada 2019, namun kalah dari Rafael Nadal.

Di babak final, petenis 25 tahun itu akan ditantang juara bertahan sekaligus pemilik delapan gelar Australia Terbuka Novak Djokovic. Final akan digelar pada Minggu (21/2).

Terkait laga pamungkas tersebut, Medvedev tak merasa terbebani, sebab Djokovic lebih diunggulkan.

"Sekarang tekanan ada padanya (Djokovic). Saya cuma berharap bisa tampil lepas, menunjukkan kemampuan tenis terbaik yang saya punya. Dia jelas lebih berpengalaman, namun beban di pundaknya juga lebih besar," kata Medvedev seusai laga, dikutip The Guardian.

Medvedev sendiri tak menyangka bisa menang tiga set atas Tsitsipas. Petenis Yunani itu sebelumnya melakukan comeback dramatis di perempatfinal dengan mengalahkan Nadal dalam pertarungan lima set, di mana ia kalah di dua set awal.

"Tadi itu tidak mudah. Sewaktu (Tsitsipas) melawan Rafa, di dua set pertama hasilnya tak jauh beda dengan tadi. Rafa juga mendominasi di set ketiga, jadi saya tadi sempat sedikit takut karena ini adalah laga semifinal grand slam," kata Medvedev.

"Bagi kami, ini bukanlah grand slam yang ke-50 seperti halnya Novak atau Roger (Federer), jadi tadi jelas tak mudah tapi saya senang bisa menampilkan permainan saya, terutama di beberapa momen sulit pada servis saya, dan saya senang bisa melaju ke final," jelasnya.

(adp/mrp)