detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 18 Mar 2021 20:25 WIB

Kondisi Tim Indonesia Setelah Didepak dari All England

Afif Farhan - detikSport
Jakarta -

Tim bulutangkis Indonesia didepak dari All England 2021. Kini, kondisi para atlet sehat tetapi mentalnya terpukul.

Tim bulutangkis Indonesia terpaksa mundur dari All England 2021. Penyebabnya, ada salah satu penumpang yang satu pesawat dengan tim bulutangkis Indonesia terkonfirmasi positif COVID-19.

Akibatnya, otoritas kesehatan di Inggris, National Health Service (NHS), meminta agar tim Indonesia melakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Artinya, semua pemain Indoensia akan melewatkan All England 2021 yang akan selesai pada akhir pekan ini.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya dalam jumpa pers via virtual membeberkan kondisi para tim bulutangkis Indonesia di Inggris. Mereka fisiknya sehat, tapi mentalnya sangat terpukul.

"Kondisi fisik para pejuang kita sehat tetapi harus diakui kondisi mental down dan kecewa. Kita saja sebagai penonton kecewa," ujar Desra Percaya.

"Mereka sudah mempersiapkan lama membawa nama baik Indonesia, kok dibegitukan saja," lanjutnya.

Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra PercayaDuta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya (dok detikcom)

Desra melanjutkan, pihak KBRI akan berjuang sampai akhir untuk tim bulutangkis Indonesia. Supaya, tidak ada diskriminasi di All England.

"Saya segera melayangkan surat cukup keras kepada Presiden BWF Poul Erik dan Chief Executif Badminton England, yang isinya menyatakan kekecewaan mendalam atas penarikan tim Indonesia dalam turnamen All England," tegasnya.

Gelaran All England 2021 berlangsung di Birmingham tanggal 17-21 Maret 2021. Indonesia mengirimkan 12 atlet terbaiknya ke Negeri Elizabeth, yang dilepas PBSI pada Jumat (12/3/2021) lalu.

Rombongan Indonesia mendarat di Inggris pada Sabtu (13/3) waktu setempat. Anthony Ginting dkk langsung melakukan swab tes setibanya di Hotel Crowne Plaza Birmingham City Centre dan dinyatakan negatif COVID-19.

Tim Indonesia bertanding pada hari pertama All England 2021 di Birmingham Arena, Rabu (17/3). Tiga wakil pertama Merah-Putih berhasil memenangkan pertandingan pertamanya.

Seharusnya masih ada tiga wakil Indonesia yang bertanding di hari yang sama, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Godwin Olofua/Anuoluwapo Juwon Opeyori, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Dhruv Kapila/Jakkampudi Meghana, dan Anthony Sinisuka Ginting vs Thomas Rouxel.

Namun, ketiga wakil tersebut dinyatakan WO dan tersingkir dari All England 2021. Selain itu, semua wakil Indonesia yang telah memenangkan pertandingan juga dinyatakan WO oleh BWF.

BWF dalam keterangan resminya mengungkapkan alasan penyingkiran seluruh wakil Indonesia dari All England 2021. Rombongan Merah Putih disebut telah terpapar COVID-19 dan diwajibkan untuk isolasi diri oleh Pemerintah Inggris.

Sebabnya, ada salah satu penumpang yang satu pesawat dengan tim bulutangkis Indonesia terkonfirmasi positif COVID-19 dalam penerbangan ke Inggris. Namun nyatanya, hingga kini belum diketahui siapa penumpang tersebut dan para atlet tidak mendapat pemberitahuan sejak awal.

Padahal, mereka sudah melakukan protokol kesehatan ketat, serta sudah dites kembali dan hasilnya negatif.

(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com