detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 19 Mar 2021 14:10 WIB

Soal All England 2021, Ortu Anthony Ginting Ikut Buka Suara

Whisnu Pradana - detikSport
Ini Daftar Pebulutangkis Indonesia yang Didepak dari All England 2021 Orang tua Anthony Ginting turut buka suara tekait nasib tim Indonesia di All England 2021. (Foto: Getty Images)
Cimahi -

Tim Indonesia harus dicoret dari All England 2021. Orang tua Anthony Sinisuka Ginting, Edison, turut berkomentar mengenai itu.

Penyebab pencoretan pebulutangkis Indonesia dari turnamen tepok bulu tertua itu setelah seseorang yang sepesawat dengan tim Indonesia terkonfirmasi COVID-19.

Karena aturan National Health Service Inggris, Tim Indonesia harus menjalani isolasi mandiri 10 hari, dipastikam tak akan bisa bertanding di sisa All England 2021.

Menanggapi pencoretan pebulutangkis Indonesia, termasuk sang anak, Edison Ginting mengaku amat kecewa dengan keputusan yang diambil penyelenggara.

"Keputusan itu sangat mengecewakan. Langkah yang diambil penyelenggara kurang bijak. Akan lebih fair bila semua di tes lagi atau turnamen ditunda," ungkap Edison saat dihubungi detikcom, Jumat (19/3/2021).

Edison menyebut sebelum bertolak ke Inggris Anthony Ginting cs sudah menjalani vaksinasi COVID-19. Dalam perjalanan untuk berlaga di All England 2021 pun mereka semua menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

"Protokol kesehatan semua sudah diikuti termasuk mereka itu sudah dua kali vaksin COVID-19. Tapi tetap saja, keputusan sudah diambil dan mereka harus isolasi di sana sampai 23 Maret," kata Edison.

Edison menganggap jika pemerintah Indonesia sudah melakukan upaya terbaik untuk menyikapi pencoretan pebulutangkis Indonesia. Dirinya justru menganggap jika penyelenggaran hanya cari aman.

"Pemerintah sudah melakukan upaya terbaik menurut saya. Hanya penyelenggara yang tidak berupaya maksimal melakukan tugas dan membuat keputusan yang tidak mengakomodir kepentingan perbulutangkisan. Mereka tidak mempertimbangkan akibat dari keputusan itu. Mereka cari aman saja," pungkasnya.

Sebanyak 20 dari 24 kontingen Indonesia mendapat surat elektronik yang meminta mereka untuk mengisolasi diri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pebulutangkis Indonesia yang tidak bisa mentas di All England 2021 lantaran sudah lebih dulu dinyatakan kalah WO oleh panitia di antaranya Fajar/Rian, Praveen/Melati, dan Anthony Ginting. Ketiga wakil Indonesia itu sudah melancarkan protes lewat Instagram kepada BWF selaku federasi bulutangkis dunia.

Simak video 'Kondisi Fisik Pemain All England RI Baik, Mental Down-Kecewa':

[Gambas:Video 20detik]



(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com