Greysia Polii: Bisa Pulang adalah Hal Terbaik Selama All England 2021

Mercy Raya - Sport
Senin, 22 Mar 2021 12:45 WIB
Tim bulutangkis Indonesia menjelang kepulangan dari All England 2021.
Greysia Polii: Bisa Pulang adalah Hal Terbaik Selama All England 2021. Foto: Dok. PBSI
Jakarta -

Greysia Polii, ganda putri Indonesia, senang bukan main bisa pulang ke tanah air lebih cepat usai pengalaman getir tim bulutangkis Indonesia di All England 2021.

Tim bulutangkis Indonesia akhirnya bisa pulang ke Jakarta lebih cepat pada Minggu (21/3) pukul 17.40 waktu lokal.

Langkah itu diambil setelah mereka diminta menjalani isolasi di hotel hingga 23 Maret sesuai aturan yang diterbitkan NHS (National Health Service) Inggris. Kevin Sanjaya dkk diketahui sepesawat dengan penumpang terkonfirmasi COVID-19 saat perjalanan dari Istanbul ke Birmingham.

Sebelumnya, mereka lebih dulu mendapat perlakukan diskriminatif setelah dipaksa mundur dari turnamen yang berlangsung 17-21 Maret tersebut. Mereka juga tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas menuju hotel seperti bus dan lift.

Pemerintah Indonesia yang mengetahui tim bulutangkis Indonesia mendapat perlakuan kurang menyenangkan di All England 2021 langsung gerak cepat berupaya mencari jalan memulangkan atlet.

Salah satu yang berperan yaitu Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya. Sejak insiden ini terjadi pada Rabu (17/3), Desra beserta jajarannya langsung aktif bergerak mencari jalan, dengan berkoordinasi bersama Kemenlu, Kemenpora, serta pihak terkait. Sampai akhirnya, Greysia Polii akhirnya bisa pulang ke tanah air.

Banner All England 2021

"Kita sangat berterima kasih dan bersyukur karena kita akhirnya bisa pulang hari ini, setidaknya pulang lebih cepat ke Indonesia," kata Greysia dalam rilis PBSI

"Jadi saya sangat berterima kasih kepada Pak Dubes yang sudah menjadi protector buat kita, sangat bertanggungjawab juga buat kita di sini," dia menambahkan.

"Rasanya bisa pulang itu hal terbaik, ya, yang bisa kami dapatkan selama kami mengikuti All England ini," kata atlet kelahiran Jakarta 11 Agustus 1987 ini.

Greysia juga menyebutkan bila dukungan yang diberikan benar-benar total hingga membuat tim yang sedang dirundung kesedihan tetap merasa nyaman.

"Dan support-nya itu bukan hanya melalui media atau ucapan saja, bahkan Pak Dubes menjemput kami ke hotel, dari London ke Birmingham dulu dan balik lagi ke London. Jadi kami benar-benar mendapat support baik secara moral dan membuat kami merasa tenang dan aman berada di Inggris ini," kesan Greysia Polii.

Tim bulutangkis Indonesia di All England 2021 diperkirakan tiba di Jakarta pukul 20.00 malam WIB. Melalui laman Instagram PBSI, @badminton.ina, dijelaskan tim seharusnya melakukan penerbangan ke Jakarta pukul 02.40 waktu Istanbul atau pukul 06.40 WIB. Tetapi penerbangan delay dua jam menjadi 04.40 waktu lokal atau 08.40 WIB.

Tim bulutangkis Indonesia menjelang kepulangan dari All England 2021.Tim bulutangkis Indonesia menjelang kepulangan dari All England 2021. Foto: Dok. PBSI

Lihat juga Video "Ricky Subagja: Negara Lain Beruntung Indonesia Didepak dari All England":

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)