detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 24 Mar 2021 13:35 WIB

PBSI Sebut KBRI Upayakan Febriana/Amalia Pulang Bareng Rombongan

Mercy Raya - detikSport
logo PBSI KBRI Prancis akan mengupayakan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi pulang bersama rombongan Indonesia di Orleans Masters. (Foto: dok.PBSI)
Jakarta -

KBRI Prancis akan mengupayakan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi pulang bersama rombongan Indonesia di Orleans Masters. Mekanismenya masih diproses.

Disampaikan Kepala Humas dan Media PBSI, Broto Happy, bahwa informasi yang ia terima bahwa Febriana/Amalia akan dipulangkan lebih cepat.

"Informasi yang saya terima kepulangannya lebih cepat mungkin. Kayak All England kan seharusnya pulang 23 Maret atau 24 Maret tapi bisa pulang bareng serombongan. Harapannya begitu," kata Broto kepada detikSport, saat ditanya proses bantuan penanganan dari KBRI, Rabu (24/3/2021).

Tapi untuk melakukan tes PCR kembali sebagai protokol kesehatan terbang ke tanah air, Broto menjelaskan perlu ada koordinasi dengan pihak kedutaan.

"Ya saya belum dengar itu (soal mekanisme tes PCR). Niatnya baik lah dan kami sambut. Selanjutnya bagaimana mesti kontak lagi," ujarnya.

Diketahui, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dalam laman resminya mengumumkan bahwa ada tiga pemain yang ditarik mundur dari Orleans Masters setelah ada satu pemain dan satu anggota rombongan tim dinyatakan positif COVID-19.

Salah satunya dari ganda putri Indonesia Febriana/Amalia. Mereka diputuskan mundur setelah Febriana dinyatakan positif saat mengikuti tes PCR wajib yang dilakukan pada hari Senin (22/3/2021).

Para pemain telah diminta untuk mengisolasi diri di kamar hotelnya. Hal serupa dijalani Amalia yang telah diidentifikasi sebagai kontak dekat dan diminta untuk karantina di kamar hotel terpisah.

Selain pasangan ganda putri, pemain tunggal putri India juga ditarik setelah anggota rombongan tim dinyatakan positif mengikuti tes PCR wajib. PBSI yang mengetahui keadaan atletnya sempat meminta tes PCR ulang namun ditolak karena tidak ada aturan tersebut.

PBSI juga telah berkoordinasi dengan KBRI untuk Prancis guna membantu penanganan selama Febriana/Amalia menjalani karantina di hotel tim. Turnamen level super 100 itu bergulir mulai 23-28 Maret di Palais Des Sports, Orleans, Prancis.

Tonton juga Video: Ganda Putri Indonesia Mundur Dari Orleans Masters 2021

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com