detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 07 Apr 2021 14:40 WIB

India Open 2021 Akan Ditunda?

Mercy Raya - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - MARCH 10: A shuttlecock is seen on the court in between games during Day 6 of the Yonex All England Badminton Open at NIA Arena on March 10, 2013 in Birmingham, England. (Photo by Ben Hoskins/Getty Images) India Open 2021 Akan Ditunda? (Foto: Ben Hoskins/Getty Images)
Jakarta -

Badminton Association of India (BAI) memberi sinyal turnamen bulutangkis India Open 2021 ditunda. Hal itu menyusul keputusan mereka menunda seluruh turnamen lokal di negeri tersebut.

Mengutip laman Times of India, induk organisasi bulutangkis India memutuskan untuk meniadakan sementara seluruh turnamen domestik yang berlangsung April hingga Mei terkait dengan peningkatan kasus COVID-19 di negara tersebut.

BAI mengaku khawatir dengan situasi pandemi yang berkembang sehingga mereka menyarankan semua stakeholder untuk menunda setiap event bulutangkis. Mulai dari jadwal turnamen level senior hingga junior.

Menurut rencana, BAI seharusnya menggelar kejuaraan senior di Bangalore mulai 18-25 April namun ajang itu diputuskan dibatalkan sementara. Begitu pula dengan turnamen junior dan sub-junior di Hyderabad yang berlangsung bulan depan. Hal yang sama juga berlaku untuk event-event olahraga lainnya di lokasi berbeda juga telah diputuskan untuk ditunda.

Sekretaris BAI, Ajay Kumar Singhania, dalam komunikasinya dengan semua unit negara terkait, menjelaskan situasi pandemi Corona-lah yang memaksa mereka mengambil langkah seperti itu.

"Mengingat situasi pandemi saat ini dan keselamatan kesehatan para pemain, pejabat teknis, presiden telah menyarankan untuk menunda turnamen peringkat India sampai kabar lebih lanjut," kata Singhania.

Keputusan ini pun berpeluang berimbas pada pelaksanaan India Open 2021, yang akan berlangsung pada Mei mendatang. Ajang kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo itu dijadwalkan bergulir 11-16 Mei di New Delhi. Akan tetapi tidak dijelaskan soal nasib BWF World Tour Super 500 itu pada laman tersebut.

Indonesia sendiri khususnya ganda campuran sudah berencana untuk menurunkan wakilnya di turnamen bulutangkis tersebut. Sekaligus Malaysia Open (25-30 Mei) dan Singapore Open (1-6 Juni) sebagai turnamen kualifikasi Olimpiade terakhir sebelum tampil di Olimpiade 23 Juli-8 Agustus 2021.

Lihat juga video 'Menpora-PBSI Sambut Kedatangan Timnas Bulu Tangkis All England 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com