detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 13 Apr 2021 12:15 WIB

PBSI Liburkan Pebulutangkis Muslim di Hari Pertama Puasa

Mercy Raya - detikSport
Rionny Mainaky pulang kampung. Setelah bertahun-tahun menangani tim nasional bulutangkis Jepang, dia dipercaya sebagai head coach tunggal putri Pelatnas PBSI. Yuk lihat proses latihan yang dipimpin Rionny. Ilustrasi suasana latihan di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memberikan jatah libur sehari bagi pebulutangkis muslim. Sementara pemeluk agama lain wajib tetap latihan.

Hal itu disampaikan PBSI melalui unggahan dalam akun media sosial Instagram @badminton.ina.

"Hari pertama puasa. Suasana pelatnas Cipayung di hari pertama bulan Ramadhan. Para atlet yang menjalankan puasa diperbolehkan libur latihan hari ini," demikian pernyataan PBSI.

Kepala bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, membenarkan pengumuman tersebut.

"Libur hari pertama untuk menghormati mereka yang muslim dan untuk beribadah puasa Ramadhan. Tapi cuma satu hari saja," kata Broto dikonfirmasi detikSport.

Sementara untuk umat nasrani tetap wajib menjalankan latihan yang sudah diatur oleh PBSI. Begitupun hari-hari berikutnya, program latihan berjalan seperti biasa sekalipun masuk puasa.

"Program latihan berjalan biasa, karena menghadapi tiga turnamen kualifikasi Olimpiade di India, Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Ya, selain menghadapi tantangan pandemi COVID-19 yang belum juga reda, faktanya atlet juga harus menghadapi tantangan ganda di bulan yang penuh berkah tersebut.

Mereka masih harus berjuang untuk mengumpulkan poin kualifikasi Olimpiade sepanjang sebulan ini. Turnamen itu adalah India Open 2021 (11-16 Mei), Malaysia Open 2021 (25-30 Mei), dan Singapore Open 2021 (1-6 Juni). Sementara untuk Spain Masters 2021 yang berlangsung 18-23 Mei, tidak masuk kualifikasi.

"Untuk program selanjutnya bagi atlet yang mau puasa atau tidak itu tergantung pelatih dan atletnya. Mungkin di akhir pekan, Minggu saat libur latihan, atlet bisa berpuasa," kata Broto.

Sejauh ini bulutangkis sudah mengamankan tiket dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Dari ganda campuran ada atlet pelatnas PBSI, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Masih ada potensi lain dari ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.



Simak Video "Ini Lima Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan Hadisnya"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com