detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 20 Apr 2021 13:10 WIB

India Open 2021 Ditunda Jadi Keuntungan bagi Hafiz/Gloria

Mercy Raya - detikSport
Hafiz/Gloria menangi laga pertama BWF World Tour Finals, Rabu (12/12/2018). India Open 2021 Ditunda, Hafiz/Gloria Diuntungkan (Tim Humas dan Media PP PBSI)
Jakarta -

Penundaan turnamen India Open 2021 memberi keuntungan tersendiri bagi ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Beban mereka dinilai lebih ringan.

India Open, yang juga turnamen kualifikasi Olimpiade Tokyo seharusnya dihelat di New Delhi, 11-16 Mei mendatang. Tapi ajang super 500 itu dibatalkan karena tingginya lonjakan kasus COVID-19 di negara tersebut.

PBSI sendiri telah menyiapkan dua wakil yang akan tampil di ajang tersebut. Selain Hafiz/Gloria, juga Adnan Maulana/Mychelle Christine Bandaso. Tujuannya, untuk mengamankan peringkat kualifikasi Olimpiade Hafiz/Glo agar tidak tergeser, sedangkan Adnan/Mychelle sebagai sparing di sana.

Tapi keputusan itu ternyata tak semata-mata memberi dampak negatif bagi para pebulutangkis yang masih mengejar poin Olimpiade. Khusus bagi Hafiz/Gloria penundaan ini memberikan keuntungan tersendiri.

Richard Mainaky, pelatih utama ganda campuran, mengatakan dengan posisi Hafiz/Gloria yang kini di peringkat delapan road to Tokyo membuat kesempatan mereka tergeser kian tipis.

"Penundaan ini secara otomatis hanya menyisakan dua turnamen kualifikasi Olimpiade-nya, yaitu Malaysia Open dan Singapore Open. Artinya, dengan posisi mereka (Hafiz/Gloria) yang sudah masuk di delapan besar, untuk dikejar oleh pasangan lain yang di bawahnya semakin kecil," kata Richard kepada detikSport, Selasa (20/4/2021).

"Kalaupun lawan di bawah mereka ingin mengejar, pasti perlu perjuangan yang lebih berat, karena kesempatan hanya di dua turnamen tersisa. Kalau turnamennya banyak mungkin kansnya besar mengejar. Jadi dengan adanya penundaan ini lebih meringankan lah," dia menjelaskan.

Sehubungan dengan kepastian itu, Richard kini bisa lebih memfokuskan atletnya ke dua turnamen tersisa yang berlangsung akhir Mei hingga awal Juni mendatang.

"Lebih ke peningkatan kualitas supaya di Malaysia dan Singapura mereka bisa mendapat hasil maksimal dan ujungnya nanti menentukan seeded buat Olimpiade juga," tuturnya.

Simak juga 'Rekor Lagi! Kasus Covid-19 di India Tambah 273.000 dalam Sehari':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com