Herry IP Belum Sepenuhnya Puas Hasil Tes Fisik Kevin Sanjaya Cs

Mercy Raya - Sport
Rabu, 21 Apr 2021 18:30 WIB
Latihan Pelatnas Bulu Tangkis
Herry IP Belum Sepenuhnya Puas Hasil Tes Fisik Kevin Sanjaya Cs (dok PBSI)
Jakarta -

Pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi belum sepenuhnya puas dengan hasil tes fisik Kevin Sanjaya dkk, sekalipun nilai rata-ratanya tidak di bawah standar.

Tim ganda putra utama menjalani tes fisik di Pelatnas PBSI, Cipayung, pada Senin (19/4). Tercatat, ada 13 atlet plus Greysia Polii dan Jesita Putri Miantoro dari ganda putri, yang mengikuti tes ini.

Adapun tes yang dilakukan meliputi ball medicine test, core, court agility, RAST test, vertical jump hingga bleep test. Herry ikut mengamati langsung rangkaian dari pengujian fisik tersebut. Ia menyebut hasilnya sudah masuk standar yang ia inginkan namun dengan catatan.

"Secara hasil memang saya belum melihat secara detail, tetapi dari pengamatan sekilas dari tes awal ini rata-rata tidak terlalu di bawah," kata Herry Iman Pierngadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4/2021).

"Semua masuk di standar minimum yang saya mau. Tetapi belum cukup, masih banyak yang harus ditingkatkan. Paling ada satu atau dua atlet yang belum memenuhi standar karena kakinya bermasalah," lanjut Herry.

Menurut pelatih yang dijuluki fans badminton Naga Api ini, tes ini menjadi penilaian awal untuknya memberikan program latihan. "Saya berharap dengan latihan yang kita jalankan nanti, tes berikutnya sudah lebih baik lagi peningkatannya," ujar Herry.

Rencananya, tes fisik lanjutan akan dilakukan sekali lagi dalam tiga atau empat bulan ke depan guna mengukur kondisi fisik anak-anak.

Hendra Setiawan, pemain senior Pelatnas, merasakan benar manfaat dari tes fisik yang dilakukan PBSI. "Menurut saya tes fisik ini bagus, supaya bisa tahu sampai dimana kekuatan fisik saya, apalagi di usia sekarang," kata Hendra.

"Tidak ada kendala selama tes dan saya cukup puas dengan hasilnya. Semoga di tes berikutnya bisa meningkat," ucap peraih medali emas Olimpiade Beijing tahun 2008 itu.

Latihan Pelatnas Bulu TangkisHendra Setiawan (dok PBSI)

Simak juga 'Move On All England, Greysia Polii Fokus Olimpiade Tokyo':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)