Viktor Axelsen Pulang ke Denmark Meski Masih Positif COVID-19

Mercy Raya - Sport
Selasa, 04 Mei 2021 14:20 WIB
Tunggal putra Sheshar Hiren Rhustavito dikalahkan oleh unggulan kelima Viktor Axelsen asal Denmark dengan skor 17-21, 14-21 dalam pertandingan Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).
Viktor Axelsen (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Viktor Axelsen pulang ke Denmark meski masih positif COVID-19. Ia ingin segera berlatih untuk persiapan Olimpiade Tokyo.

Viktor dikabarkan terpapar virus Corona saat akan tampil di laga final Kejuaraan Eropa 2021. Ia menjalani dua kali tes yang hasilnya menunjukkan tanda positif.

Alhasil, tunggal putra ranking dua dunia itu harus menjalani isolasi selama dua pekan di Ukraina. Meski secara aturan mengharuskan dia isolasi, Viktor ternyata meminta untuk dipulangkan ke negaranya, Denmark. Ia bahkan sampai harus menyewa pesawat ambulance untuk mengantarnya.

Kabar itu disampaikan Viktor dalam akun Instagramnya @viktoraxelsen.

"Halo semua. Saya ingin berterima kasih buat kalian yang telah memberikan dukungannya. Saya sangat mengapresiasi itu. Terima kasih," tulis Viktor dalam Instagram storynya.

"Sejak hasil tes saya positif, saya telah menjalani isolasi di kamar hotel dan hanya mengalami gejala ringan. Setelah berbicara dengan tim dan melihat situasi yang terjadi, saya memutuskan untuk mengatur jet ambulans dan membayarnya secara pribadi, dengan standar keamanan dan medis tertinggi untuk membantu saya kembali ke rumah ke Denmark," Viktor mengungkapkan.

"Saya akan dipindahkan dari hotel dengan ambulans, lalu pesawat dan terakhir ambulans lain saat mendarat di CPH- sepanjang jalan di ruang Isolasi IsoArk N36-7, sampai saya kembali ke lokasi karantina saya di Denmark."

Nantinya, setelah tiba di lokasi karantina di Denmark, Viktor mengutarakan dirinya akan mendapat kesempatan melakukan pelatihan fisik. Meskipun begitu, ia akan tetap mengikuti peraturan Denmark dan memastikan dirinya diuji dengan benar di waktu yang tepat.

"Akan ada juga kru medis yang hadir sepanjang perjalanan ke Denmark, untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana," ujarnya.

Dalam unggahan story-nya, Viktor Axelsen juga menjelaskan alasan dia ngotot kembali ke Denmark meskipun masih dalam kondisi positif COVID-19. Menurutnya, waktu yang mepet jelang Olimpiade sehingga harus dimaksimalkan sebaik mungkin.

Menukil laman BWF, Viktor berada di peringkat empat klasemen Road to Tokyo pekan ke-17 (27/4/2021).

"Waktu sangat berharga saat ini dan kita semakin dekat dengan Olimpiade. Saya akan melakukan apa pun yang saya bisa untuk kembali ke Denmark dan kembali berlatih dengan cara yang aman dan bertanggung jawab, tanpa membahayakan siapa pun," katanya.

"Saya telah berlatih begitu lama dan keras untuk menghadapi Olimpiade, jadi semoga saya akan pulih dari ini tanpa komplikasi dan segera kembali ke lapangan."

Di sisi lain, Viktor Axelsen juga menyadari banyak orang yang tidak memiliki sumber daya finansial cukup untuk menyewa pesawat ambulance. Apalagi mendapatkan bantuan medis yang diperlukan. Untuk itu, ia berharap pandemi Corona ini bisa segera berakhir.

"Sama seperti lainnya, saya ingin pandemi ini segera berakhir," tulisnya mengakhiri.

Simak juga 'Anthony Ginting Tunduk dari Axelsen di BWF World Tour Finals':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)