detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 05 Mei 2021 14:25 WIB

Jika Ingin Lolos Olimpiade, Ini yang Harus Dilakukan Hafiz/Gloria

Mercy Raya - detikSport
Hafiz Fazal dan Gloria Emanuelle Widjaja Jika Ingin Lolos Olimpiade, Ini yang Harus Dilakukan Hafiz/Gloria (dok. PBSI)
Jakarta -

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja terancam tak lolos Olimpiade menyusul ranking-nya yang turun. Mereka diharapkan tembus perempatfinal di dua kualifikasi tersisa.

Hafiz/Gloria sebelumnya menempati peringkat delapan kualifikasi road to Tokyo, tapi tergeser ke peringkat sembilan setelah pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith tampil cemerlang dengan menjadi finalis di Kejuaraan Eropa 2021.

Tak hanya menyingkirkan Hafiz/Gloria, Ellis/Smith juga menggeser Tan Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) yang semula peringkat sembilan.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengatakan Hafiz/Gloria mau tak mau harus ekstra kerja keras di dua turnamen kualifikasi Olimpiade yang tersisa. Dua turnamen itu Malaysia Open (25-30 Mei) dan Singapore Open (1-6 Juni).

"Memang sudah harus fight di dua turnamen ini dan kami lihat (penyelenggaraan) Malaysia Open dan Singapore Open sudah pasti jadi. Artinya peluang masih besar," kata Richard kepada detikSport.

"Saya juga lihat Hafiz/Gloria juga sudah punya tekad, bahwa bagaimanapun mereka mau dapat hasil maksimal supaya bisa tampil di Olimpiade," ujarnya.

Kakak kandung dari Rexy Mainaky ini, mengharapkan Hafiz/Gloria minimal menembus quarterfinal jika ingin mengamankan poin.

"Pokoknya paling minimal mereka harus tembus perempatfinal (di dua turnamen nanti). Kalau semifinal dan final sebenarnya lebih aman lagi. Tapi saya belum hitung-hitungan poin lagi dengan Koh Roedy (Kepala bidang Luar Negeri PP PBSI)," katanya.

"Yang penting mereka juga tidak boleh kalah duluan dari pesaingnya, seperti Malaysia, karena sebenarnya perebutan top delapan itu seharusnya dengan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie," tuturnya.

Pernyataan Richard ini bukan tanpa alasan. Dia menilai, Ellis/Smith sejatinya sudah lolos Olimpiade karena rekannya, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, diprediksi tak masuk dalam delapan besar. Sama seperti pasangan Hong Kong, Tang/Tse.

Untuk diketahui, agar bisa meloloskan dua wakil tiap negara di masing-masing sektor harus bisa masuk dalam top 8 besar ranking kualifikasi. Sementara itu, satu wakil untuk top 16 besar di nomor ganda atau mewakili negara.

(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com