Sebagian Atlet Pelatnas Bulutangkis Tak Libur Lebaran

Mercy Raya - Sport
Rabu, 12 Mei 2021 14:35 WIB
Leo Rolly Carnando/Daniel Martin
Beberapa atlet pelatnas PBSI tak libur lebaran menatap Spain Masters 2021. (Foto: Raphael Sachetat/Badmintonphoto/Raphael Sachetat)
Jakarta -

Pebulutangkis yang diproyeksikan menuju Spain Masters 2021 tak mendapat libur Lebaran. Mereka harus tetap latihan karena berdekatan dengan hari penerbangan.

Indonesia mengirimkan 19 wakil ke Spain Masters 2021 yang dilangsungkan 18-23 Mei di Huelva, Spanyol. Leo Rolly Carnando dkk akan terbang ke Spanyol, Sabtu (15/5/2021) dini hari.

Jadwal yang berdekatan antara Lebaran dengan waktu keberangkatan ke Spanyol sehingga tak memungkinkan atlet diberikan waktu libur panjang atau pulang ke rumahnya masing-masing.

"Sebenarnya Lebaran kali ini agak beragam (treatmentnya) ya. Maksudnya ada atlet yang diberi libur, ada juga pebulutangkis yang tetap latihan, ada yang boleh pulang ke rumah," kata Kepala Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy, kepada detikSport, Rabu (12/5/2021).

"Bagi atlet yang persiapan Spain Masters masih tetap latihan pagi tadi. Besok mereka setelah salat Id, lalu tes PCR jelang keberangkatan, kemudian tanggal 14 Mei, malam harinya, mereka jalan ke bandara ke Spanyol. Jadwal terbang mereka kan dini hari," dia menjelaskan.

Sedangkan atlet yang dipersiapkan menuju Singapura Open 2021, sebut Broto, akan diberikan libur 1,5 hari. Mulai hari pertama Lebaran (13 Mei) hingga keesokan harinya. "Artinya besok sorenya, mereka sudah harus latihan kembali," dia menuturkan.

"Sementara atlet Pratama dapat libur 12-16 Mei. Mereka juga boleh pulang ke rumah selama wilayahnya masih Jabodetabek. Setelah itu, mereka kembali ke Pelatnas tapi dengan membawa surat bebas COVID-19 (tes PCR)," ujarnya.

Meskipun sejumlah atlet tidak diperkenankan pulang ke rumahnya masing-masing, PBSI mengizinkan bagi keluarga atlet untuk mengunjungi para pemain di Pelatnas PBSI, Cipayung.

"Boleh tapi harus menyertakan surat bebas COVID-19. Minimal swab antigen," kata Broto.

(mcy/cas)