Sedang Persiapan Spain Masters, Shesar Rhustavito Lancar Puasanya?

Mercy Raya - Sport
Kamis, 29 Apr 2021 16:30 WIB
shesar hiren rhustavito kalah di babak 16 besar all england 2020
Sedang persiapan Spain Masters 2021, Shesar Hiren Rhustavito lancar puasanya? (Foto: Dok. PBSI)
Jakarta -

Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menjalani puasa kali ini bersamaan dengan persiapan turnamen Spain Masters 2021. Lancar ibadahnya?

Vito, panggilan karib Shesar Hiren Rhustavito, akan tampil di turnamen super 300 di Huelva, Spanyol, 18-23 Mei mendatang. Di ajang itu, ia mematok target juara. Namun, tantangan yang berlipat karena dijalani bersama Ramadan, Vito dituntut untuk pintar-pintar memaksimalkan latihan yang ada.

"Sejauh ini persiapannya lancar karena saya sudah bersiap sejak sebulan lalu. Sudah diperkirakan juga dua pekan lagi jalan. Jadi disiplinnya lebih ditambah, enggak boleh sakit, supaya saat pertandinganya siap," kata Vito dalam bincang-bincang dengan pewarta, Kamis (29/4).

"Tapi karena ini berbarengan (Ramadan) jadi biasanya hari-hari tertentu puasanya. Misal Rabu, Sabtu, atau Minggu yang setengah hari saja. Sisanya latihan berat biasanya tidak puasa," dia mengungkapkan.

"Jadi mengatur begitu supaya latihan tetap maksimal dan puasanya dapat juga. Sejauh ini sudah delapan sampai sembilan kali lah bolongnya," kata Vito menambahkan.

Pemain peringkat ke-19 dunia ini melanjutkan, selain persiapan latihan, ia juga berupaya untuk lebih disiplin dalam memenuhi gizi dalam tubuhnya selama Ramadan kali ini. Vito mengikuti aturan makanan dari dokter gizi.

"Selama ini, kita memang dipantau sekali untuk makan pagi, siang, dan malamnya. Kalorinya berapa? Karbo berapa? itu semua dikontrol oleh dokter gizi di PBSI. Jadi memang tidak boleh sembarangan," tuturnya.

Selain puasa, faktanya negara- negara dunia juga masih terancam dengan wabah COVID-19. Vito mengakui ada kekhwatiran itu dalam dirinya sebelum terbang ke Spanyol. Untuk itu, di waktu yang tersisa ia lebih menjaga diri.

"Takut sih pasti, apalagi perjalanan jauh, kita enggak tahu aman tidaknya. Makanya dari disi sendiri yang bisa menjaga. Jadi jangan sembarangan juga pergi-pergi atau mampir kemana-mana, supaya di sampainya di sana aman juga," kata Vito.

Vito lantas berharap dengan perencanaan dan persiapan yang matang di turnamen keempatnya tahun ini bisa meraih hasil maksimal. "Semua pemain maunya juara. Tapi di sini saya lebih ke siap saja apalagi jadi unggulan satu. Beban ada tapi saya siap," ujar pemain berusia 27 tahun ini.

Simak video 'Tim Indonesia Didepak dari All England, Menpora: BWF Diskriminatif!':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)