Spain Masters 2021: Positif COVID-19, Ganda Putri Rusia Batal Ikut

Mercy Raya - Sport
Rabu, 19 Mei 2021 17:55 WIB
Chinese girl holding badminton racket and shuttlecock
Spain Masters 2021: Ganda putri Rusia mundur karena positif COVID-19 (Foto: istock)
Jakarta -

Ganda putrinya dari perhelatan Spain Masters 2021 setelah salah satunya positif COVID-19. Kini mereka telah mengisolasi diri.

Pernyataan itu disampaikan Badminton World Federation (BWF) dalam laman resminya, yang menyebut bahwa dua pemain ditarik dari penyelenggaraan turnamen BWf World Tour 300 itu setelah satu atlet dinyatakan terpapar virus Corona. Tes PCR wajib yang dilakukan, Minggu (16/5/2021).

"Pelatih dan pasangan gandanya juga diminta karantina setelah diidentifikasi sebagai kontak dekat," tulis pernyataan BWF tanpa menyebut detail nama karena terkait aturan hukum Spanyol yang melarang menyebut nama pemain karena masalah privasi.

BWF juga memastikan pasangan ganda putri ini tak akan digantikan oleh psangan lain di babak utama. Sementara lawannya akan mendapat walkover ke babak kedua.

BWF memastikan pengujian protokol kesehatan menatar Spain Masters 2021 akan terus dilakukan otoritas kesehatan Spanyol dan Federasi Bulutangkis Spanyol (FESBA) guna menjaga kesehatan dan keselamatan para peserta.

Sementara itu, tim bulutangkis Indonesia saat ini masih berjuang untuk menambah tiket lolos ke babak kedua Spain Masters 2021. Pada hari pertama penyelenggaraan yang bergulir Selasa (18/5), telah meloloskan empat wakil.

Tiga di antaranya dari sektor ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani, serta ganda putri Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Pada Rabu (19/5), ada 10 wakil yang akan berjuang di babak 32 besar. Dua wakil di antaranya akan betrok sesama negara.

Mereka ialah tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito melawan Ihsan Maulana Mustofa, dan Ghana Muhammad Al Ilham/Ni Ketut Mahadewi Istarani kontra Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow di nomor ganda campuran.

Spain Masters 2021 akan berlangsung hingga 23 Mei mendatang di Huelva, Spain.



Simak Video "Peta Sebaran 1.624 Kasus Covid-19 Per 1 Oktober: DKI Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)