Laju Rinov/Phita Masih Mulus di Spain Masters 2021

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 22 Mei 2021 12:20 WIB
Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari
Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (dok PBSI)
Jakarta -

Laju ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari masih mulus di Spain Masters 2021. Mereka belum terbendung hingga babak empat besar.

Pada pertandingan yang dihelat di Palacio de Deportes Carolina Marin, Huelva, pelapis Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti ini kembali mencatatkan kemenangan ketiganya pada turnamen super 300 tersebut.

Teranyar, Rinov/Phita lolos ke semifinal usai menyingkirkan pasangan Inggris, Callum Hemming/Jessica Pugh dua gim langsung 21-18, 21-17 di perempatfinal.

Hemming/Pugh sebelumnya mengalahkan wakil Indonesia lain, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela dengan skor 21-18, 17-21 21-12 di babak 16 besar.

"Kami mempelajari permainan mereka kemarin saat lawan Zacha/Bela, dan sempat tanya-tanya juga soal pola mereka seperti apa. Alhamdullilah kami bisa menerapkan strateginya dan menang," kata Rinov dalam rilis PBSI.

Meskipun begitu, Rinov secara pribadi menilai tak puas dengan penampilannya, karena belum bisa mengeluarkan seluruh kemampuan. "Untungnya komunikasi dengan partner masih terjaga dan kami bisa mengatasinya," tuturnya.

Di babak empat besar, Rinov/Pitha berjumpa Adam Hall/Julie Macpherson, unggulan empat asal Skotlandia. Rinov menegaskan tak ingin menjadi korban ketiga pasangan ranking 55 dunia tersebut.

Hall/Macpherson sudah dua kali mengalahkan pasangan Indonesia di babak sebelumnya. Mereka menumbangkan Muhammad Yusuf Maulana/Angelica Wiratama (16 besar) dan Ghana Muhammad Al Ilham/Ni Ketut Mahadewi Istarani (perempatfinal).

"Kami harus langsung nyetel mainnya. Mereka lawan yang tidak mudah. Kami harus introspeksi diri dari permainan hari ini dan memperbaikinya. Kami tidak mau jadi korban ketiga mereka," Rinov menegaskan.

(mcy/aff)