Prancis Terbuka 2021: Nadal, Federer, Djokovic Pijak Babak Ketiga

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 04 Jun 2021 05:10 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 03:  Rafael Nadal of Spain plays a backhand  during his mens second round match against Richard Gasquet of France during day five of the 2021 French Open at Roland Garros on June 03, 2021 in Paris, France. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Rafael Nadal lolos ke babak ketiga Prancis Terbuka 2021. Dua rivalnya, Roger Federer, dan Novak Djokovic juga lolos. Foto: Getty Images/Clive Brunskill
Jakarta -

Tiga petenis top Rafael Nadal, Roger Federer, dan Novak Djokovic belum terhadang di Prancis Terbuka 2021. Ketiganya sama-sama lolos ke babak ketiga.

Djokovic, unggulan pertama, belum kehilangan set saat menghadapi Pablo Cuevas di pertandingan babak kedua. Bermain di Lapangan Philippe-Chartier, Kamis (3/6/2021), petenis Serbia itu menang straight set 6-3, 6-2, 6-4.

Federer bermain selanjutnya. Maestro tenis asal Swiss ini bertahan dari ancaman Marin Cilic untuk memenangi pertandingan dengan empat set 6-2, 2-6, 7-6 (4), 6-2.

Ini adalah penampilan kedua Federer di ajang Grand Slam sejak menembus semifinal Australia Terbuka 2020. Mantan raja tenis dunia berusia 39 tahun itu berarti sudah melewatkan empat Grand Slam sebelumnya karena kerap diganggu masalah kebugaran.

"Babak pertama aku tidak mengejutkan diriku, tapi sekarang di babak kedua, aku terkejut sendiri," kata Roger Federer usai pertandingan di Atptour.com. "Sekarang aku mesti melanjutkannya dan bagaimana badanku bereaksi? Kita lihat saja."

"Mentalitasku semakin kuat, aku bisa merasakannya. Aku memiliki kepercayaan diri lebih besar."

Rafael Nadal memainkan pertandingan di malam hari ketika memenuhi tantangan petenis tuan rumah Richard Gasquet. Petenis kidal Spanyol itu cuma kehilangan tujuh gim untuk memetik kemenangan 6-0, 7-5, 6-2 dalam laga yang tuntas Jumat (4/6) dinihari WIB.

Nadal sedang memburu gelar Grand Slam ke-21 sekaligus memecahkan rekor Federer. Meski ditempatkan sebagai unggulan ketiga, Nadal menjadi favorit teratas karena sudah memenangi Prancis Terbuka sebanyak 13 kali, termasuk mempertahankan gelar juara dalam empat tahun terakhir.

"Aku menghormati [dia karena] aku tahu seberapa bagus Richard. Aku tahu dia kembali setelah melewati periode yang berat. Kurasa dia tadi bermain dengan cerdik, bermain dengan agresif. Aku hanya bermain dengan respek tertinggi, dengan fokus tertingg, dan itulah yang coba kulakukan setiap hari melawan pemain manapun," kata Nadal, yang mempertajam rekornya melawan Gasquet menjadi 17-0.

Di kelompok putri, juara bertahan Iga Swiatek asal Polandia menang telak atas Rebecca Peterson asal Swedia. Swiatek lolos ke babak ketiga usai menang 6-1, 6-1.

Sementara itu, unggulan teratas Ashleigh Barty dipaksa retired. Barty mengalami cedera sehingga harus mundur dari Prancis Terbuka saat tertinggal 1-6, 2-2 melawan petenis nonunggulan Magda Linette.



Simak Video "Petenis Dunia Novak Djokovic Positif Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)