Roger Federer Mundur dari Prancis Terbuka

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Minggu, 06 Jun 2021 22:38 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 05: Roger Federer of Switzerland serves during his Mens Singles third round match against Dominik Koepfer of Germany on day seven of the 2021 French Open at Roland Garros on June 05, 2021 in Paris, France. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Roger Federer mundur dari Prancis Terbuka 2021 (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Paris -

Roger Federer mengundurkan diri dari grand slam Prancis Terbuka. Petenis asal Swiss itu mengambil keputusan tersebut demi melindungi lututnya.

Federer memutuskan menarik diri dari Prancis Terbuka pada Minggu (6/6/2021) malam WIB, sehari setelah melewati pertandingan melelahkan di babak ketiga melawan Dominik Koepfer.

Dalam pertandingan itu, Federer harus bertarung selama 3,5 jam sebelum akhirnya menang empat set atas Koepfer. Pertandingan antara Federer dan Koepfer itu berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari waktu Paris.

"Setelah diskusi dengan tim saya, saya memutuskan harus mundur dari Roland Garros hari ini," ucap Federer dalam pernyataannya seperti dilansir Guardian.

"Setelah dua operasi lutut dan satu tahun pemulihan, penting untuk mendengarkan tubuh saya dan memastikan saya tidak memaksakan diri terlalu cepat dalam penyembuhan."

"Saya senang sudah memainkan tiga pertandingan. Tidak ada perasaan yang lebih luar biasa dibandingkan kembali ke lapangan."

Roger Federer sejatinya dijadwalkan akan menghadapi Matteo Berrettini di babak keempat pada Senin (7/6/2021). Andai bisa melewati adangan Berrettini, pemilik 20 gelar grand slam itu berpeluang menghadapi Novak Djokovic yang akan bertanding melawan Lorenzo Musetti.

"Roland Garros menyesal dengan pengunduran diri Roger Federer, yang tadi malam bertarung dengan luar biasa," ujar Direktur Turnamen Guy Forget.

"Kami semua senang melihatnya kembali ke Paris, di mana dia memainkan tiga pertandingan level tinggi. Kami doakan yang terbaik untuknya untuk sisa musim."

Roger Federer menjalani dua operasi lutut pada tahun lalu dan hanya memainkan tiga pertandingan dalam 16 bulan sebelum tampil di Prancis Terbuka. Kini mantan petenis nomor satu dunia itu akan fokus ke Wimbledon yang akan dimulai 28 Juni.

(nds/rin)