Debut di Olimpiade, Anthony Ginting Bertekad Bawa Pulang Emas

Mercy Raya - Sport
Jumat, 25 Jun 2021 14:12 WIB
Anthony Sinisuka Ginting bersiap menghadapi Olimpaide 2020.
Anthony Sinisuka Ginting membidik emas di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Dok. PBSI)
Jakarta -

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, antusias menghadapi Olimpiade pertamanya di Tokyo 23 Juli-8 Agustus. Dia bertekad membawa pulang emas.

Anthony lolos ke multievent empat tahunan itu setelah menempati peringkat lima race to Tokyo BWF Olympic Qualification. Dia mengumpulkan poin 75,332.

Anthony akan didampingi Jonatan Christie yang juga lolos setelah bertengger di ranking tujuh dengan 72,940 poin. Keduanya akan bersaing meraih hasil terbaik dengan pebulutangkis top lainnya.

Mulai dari Kento Momota (Jepang), Chou Tien Chen (Taiwan), dua tunggal Denmark Anders Antonsen dan Vktor Axelsen, serta Ng Ka Long Angus (Hong Kong).

Bagi Anthony, tampil di multiajang olahraga terbesar sejagat itu merupakan kesempatan baik. Untuk itu, ia tak ingin sekadar numpang lewat. Ia berambisi merebut medali di Olimpiade Tokyo.

"Akan lebih berarti jika saya memenangkan medali, terutama emas," kata Anthony dalam laman resmi BWF.

Sejauh ini, Anthony bersama 10 pebulutangkis lainnya terus menggenjot persiapan menuju Olimpiade di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur. Protokol kesehatan COVID-19 juga terus diperketat menjelang keberangkatan ke Jepang.

Diketahui, sebelum menjalani laga, Anthony dkk akan lebih dulu melakoni training camp di Kumamoto, Jepang. Mereka akan terbang pada 8 Juli dalam rangka persiapan akhir dan aklimatisasi pemain dengan kondisi di Negeri Matahari Terbit.

Sementara itu, Chef de Mission Olimpiade Indonesia, Rosan P. Roeslani, mengatakan terus memantau kesiapan atlet, khususnya bulutangkis yang segera berangkat ke Jepang.

"Kami dapat laporan (dari PBSI) perhari tiap atlet untuk seluruh kegiatannya. Pergi kemana? Suhunya bagaimana? Jadi kami pantau terus setiap harinya mereka (atlet) seperti apa, terutama 10 hari terakhir sebelum jalan," kata Rosan saat dikonfirmasi detikSport.

(mcy/cas)