Ganda Putra Inggris Ini Lolos Olimpiade, tapi Tak Tampil di Tokyo

Mercy Raya - Sport
Jumat, 02 Jul 2021 17:00 WIB
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - AUGUST 19:  (L-R) Bronze medalists Chris Langridge and Marcus Ellis of Great Britain stand on the podium during the medal ceremony after the Mens Badminton Doubles competition on Day 14 of the Rio 2016 Olympic Games at Riocentro - Pavilion 4 on August 19, 2016 in Rio de Janeiro, Brazil.  (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Chris dan Marcus saat meraih medali perunggu di Olimpiade 2016. Foto: Getty Images/Clive Brunskill
Jakarta -

Federasi Bulutangkis Inggris tak mengikutsertakan Marcus Ellis/Chris Langridge dalam daftar kontingen bulutangkis di Olimpiade Tokyo. Padahal mereka lolos kualifikasi BWF.

Menukil daftar ranking Race to Tokyo, Ellis/Langridge menempati peringkat ke-13 dalam laman BWF. Dengan demikian, ganda putra Inggris ini lolos dan berhak tampil di multievent yang dimulai 23 Juli 8 Agustus mendatang.

Tapi ternyata Badminton England memutuskan untuk tidak memasukkan mereka ke dalam daftar kontingen yang akan diberangkatkan ke Tokyo. Federasi memilih ganda putra Inggris lainnya, Ben Lane/Sean Vendy.

Lane/Vendy dianggap lebih layak berdasarkan penampilan impresif mereka di Tur Dunia BWF pada Januari 2021. Mereka menjadi pasangan ganda putra Inggris pertama yang mencapai semifinal pada acara tur dunia. Peringkat 25 BWF itu kemudian menjadi juara Orleans Masters pada dua bulan berikutnya.

"Merupakan perjalanan panjang untuk mencapai titik hari ini, kami dapat mengumumkan tim Olimpiade dan Paralimpiade di Tokyo," kata Chef de Mission Olimpiade Inggris, Jon Austin, dalam laman Badminton England.

"Para pemain, pelatih, dan staf pendukung telah tampil dan bekerja tanpa lelah dalam keadaan paling ekstrem untuk mencapai posisi mengumumkan mereka yang telah dipilih hari ini."

"Ada begitu banyak ketidakpastian tentang apakah Olimpiade akan dilanjutkan. Jadi berada di posisi kami akan segera naik pesawat adalah sesuatu yang saya tahu semua yang terlibat dan lega. Tapi juga menikmati kesempatan untuk tampil di puncak," ujarnya.

Kendati batal tampil sebagai pasangan ganda putra, khusus Marcus Ellis, masih bisa bertanding di Olimpiade di sektor ganda campuran. Bersama Lauren Smith, Ellis lolos setelah menempati peringkat delapan BWF Race to Tokyo.

Pasangan ini melesat dari sebelumnya ranking 10 daftar kualifikasi usai mencapai semifinal di Kejuaraan Bulutangkis All England pada Maret 2021. Mereka juga finalis di Kejuaraan Eropa tahun ini dan menyingkirkan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang sebelumnya bertengger di peringkat 8.

Sedangkan di sektor tunggal putra, Inggris mengirimkan Toby Penty yang akan menjalani debutnya di Olimpiade, serta Chloe Birch yang akan berpasangan dengan Lauren Smith di ganda putri.

Kirsty Gilmour akan mewakili sektor tunggal putri Inggris. Ini adalah Olimpiade keduanya, setelah terakhir dia tampil pertama kali di Olimpiade Rio 2016. Dia memenuhi syarat setelah masuk daftar peringkat ke-18 di kualifikasi Olimpiade.

(mcy/krs)