Tiba di Jepang, Kevin Sanjaya dkk Disambut KBRI Tokyo

Mercy Raya - Sport
Jumat, 09 Jul 2021 15:15 WIB
Tim bulutangkis Indonesia
Tiba di Jepang, Kevin Sanjaya dkk Disambut KBRI Tokyo (dok PBSI)
Jakarta -

Kontingen bulutangkis Indonesia akhirnya tiba Jepang, pada Jumat (9/7/2021). Kehadiran mereka pun langsung disambut Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Kevin Sanjaya dkk tiba di bandara Haneda Tokyo pada pagi hari setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 12 jam. Setibanya di bandara, kontingen bulutangkis yang berjumlah 25 orang langsung menjalani tes PCR dan hasil seluruhnya negatif COVID-19.

Mengetahui tim Indonesia sudah hadir, pejabat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Edwardus Wisoko dan Sonny Ramli, serta Kepala Perwakilan Garuda Indonesia di Jepang Sony Syahlan menyambut kedatangan kloter pertama kontingen Olimpiade Tokyo di gerbang kedatangan Bandara Haneda.

Akan tetapi, sesuai dengan ketentuan travel bubble atau koridor perjalanan yang ketat dari penyelenggara Olimpiade, penyambutan berlangsung singkat dari jarak jauh dengan protokol kesehatan ketat. Panitia tidak memperbolehkan adanya interaksi langsung antara kontingen dengan pihak mana pun.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, memberikan sambutannya melalui jaringan telepon. Ia mengucapkan selamat datang kepada kontingen bulutangkis Indonesia dan mengingatkan agar tetap menaati aturan yang berlaku.

Selain itu, ia juga meminta agar selalu menjaga kesehatan dan stamina supaya dapat berlaga optimal di Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam kesempatan itu, manajer tim bulu tangkis Indonesia Eddy Prayitno, memberikan apresiasinya kepada KBRI yang telah memberi perhatian dan fasilitas timnya setibanya di Jepang.

Di Kumamoto, tim bulutangkis Indonesia akan berlatih selama 10 hari sebelum berangkat ke perkampungan atlet di Tokyo pada 19 Juli. Langkah ini dilakukan sebagai proses adaptasi dan aklimatisasi sebelum tim bulutangkis berlaga di multievent yang akan digelar di Musashino Forest Sport Plaza pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Selain bulutangkis, Indonesia juga akan mengirimkan 17 atlet plus 1 alternate athlete dari tujuh cabang olahraga, yaitu atletik, renang, angkat besi, menembak, panahan, selancar, dan rowing. Olimpiade Tokyo akan berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

(mcy/aff)