KONI: Emas Greysia/Apriyani Harus Melecut Prestasi Olahraga Indonesia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 02 Agu 2021 14:52 WIB
Gold medalists Greysia Polii, left, and Apriyani Rahayu from Indonesia celebrate during the medals ceremony of the womens doubles gold medal match at the 2020 Summer Olympics, Monday, Aug. 2, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Emas Greysia Polli/Apriyani Rahayu jadi penyemangat Indonesia (AP/Markus Schreiber)
Jakarta -

KONI turut senang dengan medali emas Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Olimpiade 2020. KONI berharap ini melecut olahraga Indonesia untuk lebih berprestasi.

Sejak bulutangkis dipertandingkan pada Olimpiade tahun 1992, ini menjadi kali pertama ganda putri Indonesia tembus babak final Olimpiade. Ganda Putri belum pernah menyumbangkan medali untuk Indonesia selain tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran.

Bertanding di final, membuat medali perak sudah di tangan Greysia Polii/ Apriyani Rahayu. Tapi, Greysia/Apriyani mau lebih dan tak memberikan kesempata wakil China Chen Qing Chen/Jia Yifan mengembangkan permainan.

Mereka menang 21-19, 21-15 pada duel dua gim yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021). Catatan ini sekaligus menorehkan sejarah untuk Indonesia dan wajar jika Greysia/Apriyani langsung menangis bahagia usai pertandingan.

Sebab, medali emas ini menyelamatkan muka Indonesia yang gagal menempatkan wakil di final dari nomor ganda putra yang lebih diunggulkan. Apalagi kemarin, Anthony Sinisuka Ginting juga kalah dari Chen Long.

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya sampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang telah meraih medali emas sekaligus mengukir sejarah olahraga prestasi Indonesia dengan menjadi ganda putri pertama yang meraih juara di Olimpiade," ujar Marciano dalam keterangan resminya.

"Saya juga sampaikan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih, klub dan juga Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP.PBSI) yang dipimpin Bapak Agung Firman Sampurna yang telah berjuang keras untuk mengharumkan nama Indonesia melalui prestasi olahraga," tambahnya.

Tak lupa, Marciano juga berpesan agar prestasi Greysia Polii/Apriyani Rahayu tidak membuat Indonesia terlena. Dia berharap semua pengurus olahraga di Indonesia, terutama yang memang jadi andalan di Olimpiade, bisa terpacu semangatnya menjalankan pembinaan dengan lebih baik.

Simak video 'Raut Tegang Hingga Pekikan Greysia/Apriyani Sabet Emas Olimpiade Tokyo':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/cas)