Kevin/Marcus Batal Tampil di Korea Open, Fokus Piala Sudirman

Mercy Raya - Sport
Senin, 09 Agu 2021 07:45 WIB
Indonesias Marcus Fernaldi Gideon, left, and Kevin Sanjaya Sukamuljo react after beaten by Malaysias Aaron Chia and Soh Wooi Yik in their mens doubles quarterfinal match at the 2020 Summer Olympics, Thursday, July 29, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon batal itku Korea Open 2021. (Foto: AP/Markus Schreiber)
Jakarta -

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon batal tampil di Korea Open 2021. Waktu persiapan yang sedikit menjadi faktor penyebabnya.

Kevin/Marcus semula direncanakan akan tampil di Korea Open setelah Olimpiade Tokyo 2020. Tapi PP PBSI memutuskan untuk menarik keikutsertaan keduanya.

Tidak hanya Kevin/Marcus, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, serta Anthony Sinisuka Ginting juga dikabarkan tidak ikut serta. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky.

"Anak-anak tidak ada persiapan dan sekarang masih diisolasi (karantina). Jadi persiapan dua minggu itu tak cukup untuk menghadapi turnamen," kata Rionny kepada detikSport, Minggu (8/8/2021).

"Selain itu, lebih baik fokus ke Piala Sudirman 2021. Itu kan pelaksanaannya September," ujarnya.

Korea Open rencananya berlangsung di Jinnam Stadium, Yeosu City, Korea pada 31 Agustus-5 September. Sedangkan Sudirman Cup akan berlangsung di Finlandia, pada 26 September sampai 3 Oktober.

Hal senada diungkapkan pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi. Alasan ganda putra nomor satu dunia itu tak dikirim ke turnamen BWF World Tour Super 500 itu karena waktu persiapan yang terlalu mepet. "Persiapannya terlalu pendek jadi tidak cukup waktunya," kata Herry.

PP PBSI, kata Ketua bidang Humas dan Media, Broto Happy, masih belum mengetahui daftar atlet yang akan diberangkatkan ke Korea Open 2021 karena masih libur.

Sementara itu, untuk para atlet yang sudah kembali dari Olimpiade Tokyo rencananya akan bergabung di Pelatnas pekan depan. "Pulang ke rumah kemungkinan satu dua hari. Lalu mungkin pekan depan kumpul karena peraih medali emas (Greysia Polii/Apriyani Rahayu) masih memiliki agenda seremoni lain," ungkap Broto.

"Sedangkan untuk evaluasi juga menunggu pelatihnya kumpul karena saat ini masih menyebar. Ada yang sudah pulang, ada yang masih karantina. Jadi nanti setelah kumpul semua baru dilakukan evaluasi supaya lebih komprehensif, kenapa menang, kenapa kalah, kenapa ini tidak maksimal, atau kenapa ini melampaui harapan," Broto menegaskan.

Mengutip keterangan tertulis Komite Olimpiade Indonesia (KOI), atlet yang sudah dipulangkan ke federasi cabang olahraga, Minggu (8/8), ada Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Kevin Sanjaya, Marcus Gideon, Jonatan Christie, Melati Daeva Oktavianti, dan Gregoria Mariska Tunjung.



Simak Video "Minions Gugur di Perempatfinal, Warganet Beri Suntikan Semangat"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)