Nadal Pastikan Absen di AS Terbuka 2021

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 20 Agu 2021 18:30 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 11: Rafael Nadal of Spain reacts during his Mens Singles Semi Final match against Novak Djokovic of Serbia on day Thirteen of the 2021 French Open at Roland Garros on June 11, 2021 in Paris, France. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Rafael Nadal pastikan absen di AS Terbuka 2021 sekaligus mengakhiri musim lebih cepat. (Foto: Getty Images/Julian Finney)
Jakarta -

Pemenang 20 titel Grand Slam Rafael Nadal memutuskan mundur dari AS Terbuka 2021. Nadal mengakhiri musim lebih cepat karena mengalami cedera kaki.

Petenis kidal Spanyol itu sudah dibekap cedera kaki sejak Prancis Terbuka lalu, di mana dia terdepak di semifinal. Cedera itu terus mengganggu Nadal sehingga mesti mundur di Wimbledon dan urung tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Nadal sempat kembali mengayun raket ketika mengikuti Washington Open pada awal bulan ini. Akan tetapi, Nadal terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan petenis nonunggulan asal Afrika Selatan Lloyd Harris dalam duel tiga set.

Petenis berusia 35 tahun itu dijadwalkan bermain di dua turnamen master 1000; Cincinnati dan Toronto tapi batal karena terganggu cedera. Pada prosesnya, Nadal mengambil keputusan untuk absen di sisa musim 2021 termasuk AS Terbuka untuk memulihkan diri.

"Halo semuanya, aku ingin mengabarkan kepada kalian bahwa sayang sekali aku harus mengakhiri musim 2021," ucap Nadal di IGTV, yang dikutip Sky Sports. "Jujur saja, selama ini aku lebih menderita dari yang seharusnya karena kakiku selama setahun dan aku perlu istirahat beberapa waktu."

"Setelah berdiskusi dengan tim dan keluargaku, keputusan ini dibuat dan aku percaya ini adalah cara yang tepat untuk memulihkan diri dan memulihkan diri dengan baik. Ini adalah tahun di mana aku sudah melewatkan banyak hal yang berarti besar untukku seperti Wimbledon, Olimpiade, AS Terbuka, dan banyak turnamen lainnya yang juga penting untukku."

"Faktanya selama beberapa bulan belakangan ini aku tidak bisa berlatih dengan baik dan bersaing dengan cara yang seharusnya... Aku menyimpulkan bahwa apa yang kuperlukan cuma waktu untuk memulihkan diri. Aku bertekad untuk melakukan apapun agar kembali ke bentuk terbaik, agar bisa terus bersaing untuk banyak hal yang memotivasiku dan banyak hal yang sudah kulakukan selama ini."

Dengan absennya Nadal, maka AS Terbuka 2021 semakin 'sepi' bintang. Pasalnya, Roger Federer juga dipastikan absen karena operasi lulut sedangkan juara bertahan Dominic Thiem mundur usai mengalami cedera pergelangan tangan.

Rafael Nadal merupakan juara di Flushing Meadows empat kali pada 2010, 2013, 2017, dan 2019. AS Terbuka 2021 akan digelar pada 30 Agustus hingga 12 September.

Lihat juga video saat 'Rafael Nadal Juara Italia Terbuka':

[Gambas:Video 20detik]



(rin/krs)