Greysia Polli: Prestasi Boleh Selangit, tapi Tetap Membumi

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 25 Agu 2021 00:28 WIB
Pebulutangkis ganda putri Indonesia peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Pollii (kedua kiri) dan Apriyani Rahayu (bawah kedua kanan) berfoto bersama para peraih medali launnya di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). Greysia Pollii/Apriyani Rahayu meraih medali emas setelah mengalahkan ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 21-19 dan 21-15. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Greysia Polli dikenal sebagai sosok pebulutangkis favorit kawan maupun lawan (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta -

Greysia Polii lagi harum namanya usai meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Meski demikian, Greysia dinilai tetap jadi sosok yang rendah hati.

Greysia bersama pasangannya Apriyani Rahayu sukses menjaga tradisi emas Indonesia di Olimpiade. Mereka mengalahkan pasangan China yang lebih diunggulkan di final, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Prestasi ini tentu sangat membanggakan mengingat untuk pertama kalinya Indonesia meraih emas di nomor ganda putri. Maka wajar jika Greysia/Apriyani dielu-elukan oleh masyarakat Indonesia.

Tak cuma prestasi, tapi pundi-pundi keduanya juga bertambah tebal karena bonus yang mengalir dari pemerintah dan pihak swasta. Meski sedang jadi primadona belakangan ini, bukan berarti Greysia/Apriyani tinggi hati.

Sebab Greysia/Apriyani merasa prestasinya itu didapat tak cuma karena upaya mereka, tapi juga bantuan orang-orang di sekitarnya terutama pelatih dan keluarganya.

Apresiasi pun juga didapatkan dari kubu lawan, ketika salah satu petinggi perusahaan China yakni Alan Wang yang merupakan CEO Wuling Finance, perusahaan pembiayaan di Indonesia.

Alan kebetulan baru saja mengadakan pertemuan virtual dengan Greysia dan suaminya Felix Djimin Jumat 20 Agustus lalu. Dia betul-betul terkesan dengan kepribadian Greysia yang tetap membumi, meski prestasinya selangit.

"Saat pertandingan Grand Final berlangsung, Indonesia melawan China, Greysia mengalahkan negara saya. Sebagian dari saya, merasa sangat sedih, tetapi sebagian besar dari saya sangat senang bahwa Greysia dan pasangan memberikan negara kedua saya, Indonesia. hadiah besar di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Medali Emas", kata Alan dalam rilis kepada detikSport.

Greysia Polii dan suami Felix Djimin saat berbincang via zoom dengan CEO Wuling Finance Alan WangGreysia Polii dan suami Felix Djimin saat berbincang via zoom dengan CEO Wuling Finance Alan Wang Foto: dok.Wuling Finance

Bahkan Alan ikut menyanjung semangat sportivitas Greysia yang memeluk Chen/Jia usai penyerahan medali di atas podium. Foto tersebut memang sempat viral dan membuat Greysia/Apriyani dipuji.

"Izinkan saya untuk mengatakan bahwa medali emas ini menginspirasi semua orang di apartemen saya, di kota saya tinggal Jakarta dan juga di kantor saya. Saya sangat senang dan bangga ketika melihat Greysia di TV sebagai juara, tetapi tidak hanya itu, Greysia juga menunjukkan nilai lebih sebagai seorang juara sejati, bagaimana Greysia yang ramah, rendah hati dan menghormati lawannya sebagai teman", sambungnya.

"Greysia dan suami adalah orang yang sangat baik, dan semua kesan yang saya tangkap dari karakter dia selama ini, sangat benar. Dan saya sangat senang dan bergembira bisa akhirnya dapat berkenalan dengan pribadi yang menginspirasi saya bahwa Skill can bring her to the Top, but Character keep her there. Terima Kasih Greysia dan Felix yang sudah berkenan untuk berkenalan dan berteman dengan saya, saya sangat merasa terhormat," demikian Alan Wang.

Simak video 'Di Balik Keberhasilan Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/raw)