Piala Sudirman: Tim Bulutangkis RI Jalani Latihan Perdana di Finlandia

Mercy Raya - Sport
Kamis, 23 Sep 2021 20:10 WIB
Tim bulutangkis Indonesia antusias menjalani latihan perdana di Hameenkylan Liikuntahall, Vantaa, Kamis (23/9/2021), untuk menghadapi Piala Sudirman 2021.
Foto: Dok. PP PBSI
Jakarta -

Tim bulutangkis Indonesia antusias menjalani latihan perdana di Hameenkylan Liikuntahall, Vantaa, Kamis (23/9/2021), untuk menghadapi Piala Sudirman 2021.

Hendra Setiawan dijadwalkan bertanding melawan Rusia pada babak penyisihan Grup C pada 26 September mendatang. Sebelum kemudian menghadapi Kanada pada 27 September, dan melawan Denmark pada 29 September.

Mempersiapkan itu, tim Hendra Setiawan dkk menggelar latihan perdana selama 90 menit mulai pukul 11.30 waktu setempat. Pelatih fisik sekaligus Kasubid Pengembangan Sport Science PP PBSI, Iwan Hermawan, menyebut latihan pertama ini digunakan untuk pemulihan kondisi pemain.

Mereka sebelumnya tak sempat berlatih setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh selama 14 jam. "Harapannya kebugaran pemain bisa terjaga dan latihan ini untuk conditioning saja," kata Iwan dalam rilis PBSI.

Sementara itu, Hendra Setiawan yang menjalani game tiga lawan tiga mengaku senang bisa memulai latihan setelah sempat beristirahat. "Senang bisa berlatih lagi hari ini. Cuma karena dua hari sempat tidak latihan, terasa masih ada kaku-kaku," sebut Hendra.

Hal serupa diungkapkan Praveen Jordan usai menjalani game latih tanding bersama Phita Haningtyas Mentari melawan pasangan Rinov Rivaldy/Melati Daeva Oktavianti. "Hari ini saya dan kawan-kawan berlatih penuh gairah. Sangat menyenangkan bisa kembali berlatih. Latihan ini memang diharapkan agar dapat mengembalikan kondisi," tutur Praveen.

Tim bulutangkis Indonesia antusias menjalani latihan perdana di Hameenkylan Liikuntahall, Vantaa, Kamis (23/9/2021), untuk menghadapi Piala Sudirman 2021.Doa bersama mengiringi latihan tim bulutangkis Indonesia. Foto: Dok. PP PBSI

Berbeda dengan ganda putra dan campuran, tunggal putra Anthony dan Jonatan melakukan latihan gim. Sementara Shesar Hiren Rhustavito berlatih bersama Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri). Sedangkan Putri Kusuma Wardani bermain melawan Esther Nurumi Tri Wardoyo.

Pada ganda putri, latih-tanding Greysia Polii bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti juga tersaji tidak kalah serunya. Mereka bertanding melawan Apriyani Rahayu/Ribka Sugiarto. Rabu (22/9) pagi sebelumnya, beberapa pemain sempat berlatih di gim di hotel tempat menginap. Namun karena ruangannya tidak besar, tidak semua bisa berlatih bersama.

"Lumayan untuk menjaga kebugaran tubuh setelah dua hari tidak berlatih," kata Marcus yang usai berlatih kebugaran bersama Ginting, Jonatan, Fajar Alfian, dan Muhammad Rian Ardianto.

Sementara pemain lain seperti Greysia, Apri, Ribka, Fadia, Melati, dan Pitha, memanfaatkan udara pagi yang mencapai 9 derajat celcius dengan jogging di sekitar hotel yang berada di kawasan sepi. "Tadi jogging hanya untuk menghirup udara segar saja," sebut Greysia.

Tim bulutangkis Indonesia akan menjalani dua sesi latihan hari ini. Selain teknik, pada sesi sore para pemain akan menjalani latihan fisik. Latihan dilakukan mulai pukul 16.00 waktu di ruangan gim hotel. "Semoga latihan hari ini bisa terus ditingkatkan agar pemain benar-benar siap bertanding saat kejuaraan dimulai," harap Kabidbinpres PBSI Rionny Mainaky.

(mcy/krs)