Tiba di Finlandia, Tim Piala Sudirman RI Sempat Dibikin Deg-degan

Mercy Raya - Sport
Kamis, 23 Sep 2021 17:12 WIB
Apriyani Rahayu
Tim Piala Sudirman Indonesia sempat dibuat deg-degan saat mau landing di Finlandia. (Foto: dok.PBSI)
Vantaa -

Tim Piala Sudirman RI sempat dibikin deg-degan menjelang landing di Finlandia. Pesawat yang ditumpangi Hendra Setiawan dkk tak mendarat dengan mulus.

Tim bulutangkis Indonesia akhirnya tiba di Finlandia setelah menempuh 14 jam perjalanan udara dari Jakarta. Mereka mendarat di Bandara Internasional Helsinki Airport di Vantaa, Finlandia, Rabu (22/9) pukul 11.30 siang waktu setempat, setelah sempat transit di Istanbul, Turki.

Namun, sebelum mereka tiba di Vantaa, kejadian menegangkan sempat terjadi. Pesawat Turkish Airlines TK 1761 yang mereka tumpangi gagal mendarat di bandara dan harus go around di kesempatan pertama. Peristiwa itu cukup membuat kepanikan penumpang di dalam pesawat, tak terkecuali skuad Merah Putih.

Hal itu diungkapkan oleh Mohammad Ahsan. "Sempat kaget dan panik ya karena itu sudah dekat sekali dengan landasan untuk mendarat, tetapi tiba-tiba pesawat menambah kecepatan dan terbang lagi. Alhamdulillah di percobaan berikutnya pesawat bisa mendarat dengan baik dan kita semua diberikan keselamatan," ucap Ahsan dalam rilis PBSI.

Kepanikan yang sama juga dirasakan atlet ganda campuran Melati Daeva Oktavianti. Juara All England 2020 itu berpikir ada kesalahan pada prosedur pendaratan. "Pasti kaget dan sempat takut juga. Kenapa tiba-tiba kok pesawatnya terbang lagi padahal sudah mau mendarat. Mungkin memang ada kesalahan atau apa. Alhamdulillah semua aman," kata Melati.

Meskipun begitu, pesawat akhirnya berhasil mendarat dalam kesempatan kedua dan seluruh anggota tim Indonesia yang berkekuatan 38 orang datang ke ajang perebutan Piala Sudirman 2021 mendarat dalam kondisi sehat.

Setelah mendarat di bandara, seluruh anggota rombongan wajib menjalani tes antigen COVID-19 yang diisyaratkan oleh tuan rumah penyelenggara. Perlu waktu hampir dua jam bagi seluruh anggota tim untuk menjalani tes, mulai dari mengisi formulir, mengantri dengan tertib, hingga bergiliran dicolok petugas medis.

Adapun petugas medis di bandara benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Sebelum tes usap dilakukan, kursi dan meja disemprot disinfektan. Setelah dicolok, seluruh anggota tim Merah-Putih juga diminta mengganti dengan masker baru yang disediakan.

Hasil tes antigen seluruh anggota tim Indonesia baru akan keluar pada Kamis (23/9/2021) dan akan dikirimkan ke handphone masing-masing anggota tim. Sambil menunggu hasil, seluruh tim cukup melakukan isolasi di hotel.

Sementara itu, perwakilan KBRI di Finlandia yang dipimpin Basyiruddin A Hidayat memberikan sambutannya untuk tim Indonesia. "Kami mengucapkan selamat datang untuk para pahlawan olahraga Indonesia yang akan berjuang di perebutan Piala Sudirman. Tim KBRI dan masyarakat Indonesia di Finlandia sangat antusias dan penuh semangat dan mendukung perjuangan pemain," ucap Basyiruddin yang akrab disapa Babas ini.

Selama kejuaraan Piala Sudirman edisi ke-17, tim Indonesia akan menginap di Skyline Airport Hotel, tempat menginap selama gelaran perebutan kejuaraan beregu campuran dunia ini. Kejuaraan beregu campuran ini akan bergulir di Vantaa, pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

(mcy/cas)