Tim Bulutangkis Indonesia Mulai Adaptasi Kondisi di Finlandia

Mercy Raya - Sport
Jumat, 24 Sep 2021 20:50 WIB
Tim bulutangkis Indonesia
Tim Bulutangkis Indonesia Mulai Adaptasi Kondisi di Finlandia (dok PBSI)
Jakarta -

Tim Piala Sudirman kini sudah mulai beradaptasi dengan kondisi cuaca di Finlandia. Latihan yang mereka lakoni pun tak lagi seberat hari pertama.

Melati Daeva dkk sudah berada di Vantaa, Finlandia, sejak tiga hari lalu. Selama di sana, mereka terus mematangkan persiapan menuju Sudirman Cup yang dimulai 26 September mendatang.

Bagi pemain ganda campuran Melati Daeva Oktavianti, latihan kedua ini dirasakan lebih baik dibanding kemarin. Ia sudah mulai beradaptasi.

"Memang rasanya masih engab (sesak), susah bernafas karena udara dingin. Namun, latihan kedua ini rasanya jauh lebih baik. Badan sudah tidak kaku-kaku seperti kemarin," kata Melati dalam rilis PBSI.

Tim bulutangkis IndonesiaTim bulutangkis Indonesia dalam kondisi yang fit (dok PBSI)

Sementara Marcus Fernaldi Gideon Cs juga terlihat lebih bersemangat di bawah arahan kepala pelatih Herry Iman Pierngadi. Bersama Kevin Sanjaya, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Fajar Alfian, dan Rian Ardianto, pasukan ganda putra ini berlatih gim dengan antusiasme tinggi. Mereka berlatih tanding satu lawan satu dengan setengah lapangan untuk empat arah.

Menurut Herry IP latihan ini bertujuan untuk mengembalikan feeling pukulan. "Dengan ruang permainan yang lebih kecil dan terbatas, bagi pemain latihan ini ditujukan untuk memantapkan pukulan saja," tutur Herry.

Tidak hanya latihan, dukungan asupan nutrisi berupa makanan menu Indonesia dari KBRI di Finlandia, juga semakin menambah semangat pemain. Maklum, sejak mendarat pada Rabu (22/9) lalu, baru Jumat siang ini para pemain dapat menikmati makanan khas Tanah Air.

Dari mulai nasi putih, rendang, bihun, telor dadar, sayur sop, hingga kerupuk ini cukup mengobati kerinduan pemain. Dukungan berupa makanan ini merupakan pemenuhan janji dari Dubes RI untuk Finlandia, Ratu Silvy Gayatri. Dalam pertemuan secara daring sebelumnya, Silvy menyebut KBRI Finlandia akan mendukung kebutuhan tim, terutama dalam hal asupan makanan.

"Menu makan siang ini rasanya sudah sangat cukup sebagai asupan untuk atlet. Ada karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Porsinya juga besar," ujar dokter gizi, Vetinly.

Tim Indonesia dijadwalkan berlatih di tempat pertandingan di Energia Areena pada malam nanti. Latihan sejam ini akan menggunakan tiga lapangan di main court dan dua lapangan di warm up.

--BCA JUGA

(mcy/aff)