Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Kalah, Indonesia 1-2 Denmark

Adhi Prasetya - Sport
Rabu, 29 Sep 2021 17:02 WIB
Anthony Sinisuka Ginting gagal ke final bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Anthony dipaksa mengakui keunggulan Chen Long dua gim langsung 16-21, 11-21.
Anthony kalah dari Antonsen. Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Vantaa -

Indonesia tertinggal 1-2 dari Denmark dalam pertandingan fase grup Piala Sudirman 2021. Di laga ketiga, Anthony Sinisuka Ginting takluk dua gim langsung dari Anders Antonsen, dengan skor 9-21, 15-21.

Bertanding di Energia Areena, Rabu (29/9/2021), Antonsen langsung mengegbrak, dan unggul 5-0 atas Anthony. Pengembalian Anthony yang membentur net mengubah skor menjadi 0-6.

Anthony mendapat poin pertama saat smash Antonsen melenceng keluar, mengubah skor menjadi 1-6. Poin kedua pun didapat saat smash Anthony gagal dikembalikan Antonsen, menjadi 2-6.

Anthony perlahan mengejar menjadi 5-8. Namun pukulan Antonsen yang mendarat tipis di garis luar menambah keunggulan atlet Denmark itu menjadi 9-5. Antonsen akhirnya menutup interval dengan keunggulan 11-5, saat smash-nya gagal dikembalikan dengan sempurna oleh Anthony.

Antonsen kemudian semakin jauh meninggalkan Anthony dengan keunggulan 15-6. Anthony kemudian menipiskan jarak, saat smash ke sudut kiri lapangan berhasil mengubah skor menjadi 7-15.

Namun Antonsen kembali menjauh dengan skor 17-7, setelah pengembalian keras Anthony malah membentur net. Anthony menebusnya dengan smash yang gagal dikembalikan Antonsen, mengubah skor menjadi 8-17.

Skor sempat berubah menjadi 9-18, namun jumping smash Antonsen gagal dihalau Anthony, mengubah skor menjadi 9-19. Antonsen akhirnya menambah dua poin lagi dan menutup gim pertama dengan skor 21-9.

Di gim kedua, Anthony langsung unggul 1-0 lewat smash ke sudut kiri yang tak sanggup dikembalikan dengan sempurna oleh Antonsen. Antonsen kemudian menyamakan skor menjadi 1-1, namun laga sempat dihentikan karena Antonsen harus menerima perawatan di lutut kirinya.

Laga kemudian berlanjut, dan Antonsen berhasil unggul 2-1. Pukulan Anthony yang melebar kemudian mengubah skor menjadi 3-1, disusul smash keras Antonsen yang membuat skor menjadi 4-1.

Pengembalian Anthony yang membentur net membuat skor kembali melebar menjadi 5-1. Anthony menipiskan jarak menjadi 2-5, namun keunggulan Antonsen kembali menjauh menjadi 6-2.

Anthony berhasil menambah dua poin beruntun, namun drop shot Antonsen mengubah skor menjadi 7-4. Anthony kembali mendapat dua poin, dan memepet jarak poin dengan Antonsen menjadi 6-7.

Anthony berhasil menyamakan kedudukan menjadi 8-8, saat pengembalian Antonsen ke sudut kiri melebar. Namun Antonsen berhasil menutup interval dengan skor 11-9, setelah smash bertubi-tubi yang dilancarkan akhirnya berhasil menembus pertahanan Anthony.

Antonsen langsung menjauh dengan unggul 14-10 selepas interval. Drop shot Anthony yang melenceng keluar kian memperlebar jarak menjadi 10-15.

Setelahnya, perebutan poin sempat berlangsung ketat, membuat skor menjadi 19-15 untuk Antonsen. Namun Antonsen akhirnya keluar sebagai pemenang di gim kedua dengan skor 21-15, setelah drop shot menyilang ke sisi kiri gagal dikembalikan dengan baik oleh Anthony dan membentur net.

Hasil ini membuat Denmark berbalik unggul 2-1. Laga selanjutnya akan mempertemukan ganda putri antara Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen.

(adp/krs)